BERBAGI
Para pemain Timnas Indonesia merayakan gol saat mengalahkan Taiwan pada Kualifikasi Piala AFC 2023 di Stadion Chang Buriram, Thailand, Senin (11/10/2021) malam.(FOTO/PSSI)

CENTRALBATAM.CO.ID, BANGKOK – Timnas Indonesia mendapatkan tiket Kualifikasi Piala Asia 2023 setelah berhasil menaklukkan Taiwan dengan skor meyakinkan, 0-3 di Stadion Chang Arena Buriram, Thailand, Senin (11/10/2021) malam.

Kemenangan itu membuat Indonesia unggul jauh 5-1 dari Taiwan karena pada leg pertama lalu, Evan Dimas dkk menang 2-1. Gol Timnas Indonesia dicetak Egy Maulana Vikri (26′) dan Ricky Kambuaya (55′), dan Witan Sulaeman (90+2).

Timnas Indonesia begitu perkasa di pertandingan kali ini dan memaksa Taiwan bermain bertahan karena gempuran-gempuran yang masif tim Garuda dari seluruh penjuru.

Egy yang pada pertandingan ini menjadi starter kali ini tak menyia-nyiakan kesempatan.

Lewat sepakan terukur Egy dari luar kotak penalti, gol berhasil diciptakan. Indonesia berhasil membuka keunggulan menjadi 0-1 di menit ke-26.

Baca Juga:  Hadiri Vaksinasi Pengabdian 33 Tahun Altar 89, Amsakar Apresiasi TNI Polri Tangani Pandemi

Unggul 0-1 tak membuat anak asuh Shin Tae-yong puas diri. Memasuki menit ke-36, Adam Alis yang memiliki ruang untuk melakukan sepakan, lalu mengarahkan bola ke gawang Taiwan.

Namun, kiper Shin Shin-An yang bekerja keras dalam pertandingan ini berhasil mengamankan tendangan Adam Alis.

Dua peluang yang diciptakan Ricky Kambuaya dan Dedik Setiawan juga mampu diantisipasi Shin Shin-An jelang babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, timnas Indonesia terus berusaha menciptakan peluang di antara para pemain Taiwan yang bertahan total.

Witan Sulaiman kemudian dimasukkan untuk menambah daya gedor. Benar saja, Timnas Garuda berhasil menambah keunggulan menjadi 0-2 di menit ke-55 lewat Ricky Kambuaya.

Baca Juga:  Pemko Batam Terima Bantuan 12.000 Masker dari PT Shimano, Jefridin : Prokes Jangan Diabaikan

Berawal dari umpan kapten Evan Dimas yang salah diantisipasi pemain Taiwan, malah mengarah ke kaki Ricky. Pemain asal Papua itu mengeksekusinya menjadi gol.

Sepakan kerasnya ke pojok atas gawang Taiwan tak mampu ditahan penjaga gawang.

Di menit ke-71, Dedik Setiawan mendapatkan dua peluang emas, namun belum berbuah gol.

Pertama sontekan Dedik membentur mistar gawang setelah memanfaatkan kemelut di area pertahanan Taiwan.

Kemudian, tendangan kedua pemain Arema FC itu masih bisa dihalau Shin Shin-An.

Witan yang saat ini bermain di Lechia Gdansk, Polandia, mendapat peluang di menit ke-85 setelah mendapat umpan dari Pratama Arhan.

Sayang, penyelesaian akhir Witan belum maksimal, bola hanya mengarah ke samping gawang Taiwan.

Baca Juga:  Bangun Proyek Fisik dan Beri Penyuluhan, Program TMMD ke-112 di Batam Resmi Ditutup

Namun, kegagalan itu kemudian dibayar lunas di menit ke-92. Witan dengan aksi solonya yang memukau lolos dari pengawasan pemain belakang Taiwan.

Ia kemudian merobek gawang Taiwan dengan tenang.

Di laga ini, Taiwan berusaha mengancam Indonesia melalui serangan balik dan tendangan bebas. Namun, mereka kesulitan menembus pertahanan Ryuji Utomo dkk.

Hingga peluit panjang dibunyikan, skor 0-3 untuk kemenangan timnas Indonesia.(mzi)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY