BERBAGI
Ratusan pendatang di Bandara Internasional Hang Nadim Batam | Foto JB


CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM-Lonjakan penumpang kembali memadati Bandara Internasional Hang Nadim, Batam, Minggu (10/7/2016) sore.

Kepadatan ini terlihat mengular, mulai dari ruang tunggu, pintu masuk (Check in), hingga pintu keberangkatan Bandara, di Batam.

Empat hari setelah Hari Raya Idul Fitri atau kerap disebut lebaran (H+5), kepadatan penumpang masih terus terjadi. Bukannya penumpang dari berbagai maskapai penerbangan, yang baru saja tiba dibatam dalam arus balik. Lonjakan penumpang di H+5 ini diketahui, merupakan rombongan pemudik yang akan diberangkatkan keluar Batam.

Ratusan pendatang di Bandara Internasional Hang Nadim Batam | Foto JB
Ratusan pendatang di Bandara Internasional Hang Nadim Batam | Foto JB

Ya, meski lebaran telah memasuki hari keempat ditahun 2016. Ribuan pemudik terlihat antusias dan berbondong-bondong menuju ruang tunggu keberangkatan.

Saat dikonfirmasi, Kepala Bagian Umum Bandara Hang Nadim, Batam, Suwarso, turut membenarkannya. Dia mengatakan, arus mudik di H+5 ini jauh lebih tinggi dibandingkan arus balik pasca libur lebaran.

“Memang benar, masih ada pemudik yang berangkat hari ini (Minggu, red). Bahkan jumlah pemudik yang akan diberangkatkan, jauh lebih banyak dibandingkan jumlah penumpang dalam arus balik menuju Batam,” kata Suwarso, saat dikonfirmasi.

Baca Juga:  Bengkong Sadai Juara Umum STQ, Jefridin Tutup STQ VIII Kecamatan Bengkong

Dikatakannya juga, dari pendataan ringkas yang telah dilakukan otoritas bandar udara (Bandara) Hang Nadim, Batam. Jumlah penumpang dalam arus balik yang tiba di Batam, hari ini ‎mencapai 10.600 orang.

“Sementara, jumlah pemudik yang akan diterbangkan keberbagai lokasi atau kota ini mencapai 10.900 orang. Meski sudah H+5, jumlah pemudik masih meningkat,” ujarnya.

Dalam arus mudik di H+5 ini, lanjutnya. Para pemudik ‎ini diketahui memantapkan niatnya untuk pulang kekampung halaman di H+5. Hal ini terungkap, saat tim mengkonfirmasi beberapa calon pemudik yang hendak diterbangkan.

“Kan anak-anak sekolah baru masuk tanggal 18 Juli mendatang, jadi masih bisa liburan. Kemudian suami saya yang kerja digalangan, baru dapat cuti untuk seminggu kedepan. Makanya baru mudik di H+5 ini,” kata Sarah, salah seorang ibu rumah tangga yang hendak berangkat (mudik) ke Padang, bersama 2 putri dan suaminya.

Baca Juga:  Larang Anggota Polri di Hiburan Malam, Ini Kata Humas Polres Tanjungpinang
Ratusan calon penumpang di Bandara Internasional Hang Nadim Batam | Foto Cr1
Ratusan calon penumpang di Bandara Internasional Hang Nadim Batam | Foto Cr1

Selain sarah, salah seorang pemudik lainnya, Christo memaparkan. Dia baru disetujui untuk cuti dari perusahaannya, untuk seminggu kedepan.

“Terhitung mulai besok, Senin (11/7/2016) sampai Sabtu (16/7/2016) mendatang baru saya bisa libur. Ya, dari pada tidak mudik. Ga apa-apalah, meskipun sudah H+5,” katanya.

Pantauan dibandara Hang Nadim, lonjakan penumpang yang hendak mudik masih terus bertambah dan berangsur diberangkatkan. Sementara para pendatang dari berbagai kota, dalam arus balik juga telah memenuhi pelataran Bandara.

Hingga saat ini, lonjakan penumpang masih terus terjadi. Diperkirakan, arus balik masih akan terus berlangsung hingga beberapa hari kedepan. 

“Meskipun jumlahnya berkurang, tapi lonjakan arus balik ini masih akan berlangsung dalam beberapa hari terakhir.‎ Sementara untuk para pemudik, belum diketahui lonjakan dihari berikutnya,” tandas Suwarso.

Baca Juga:  Kolaborasi Disperindag, Dekranasda dan BI, Gebyar Melayu Pesisir Dipusatkan di Galeri Dekranasda

 

Penulis : Junedy Bresly

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan