BERBAGI

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM-Empat hari jelang lebaran (H-4) Idul Fitri 1437 Hijriah, ratusan bahkan mencapai ribuan masyarakat Kota Batam memadati Pelabuhan Internasional Ferry Batam Centre, di Kecmatan Batam Kota, Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu (2/7/2016) pagi.

Keramaian calon penumpang ini, bertepatan dengan puncak arus mudik 2016. Memilih menghabiskan libur lebaran bersama keluarga diluar negeri, seperti Singapura dan Malaysia, seakan masih menjadi tradisi modern yang tak tertinggal.

Sebagai pengelola kawasan Pelabuhan, Nika Astaga, memaparkan. Lonjakan penumpang menuju Malaysia telah naik 20 persen dari hari-hari biasanya.

“Biasa rata-rata perhari paling banyak 1.000 orang, sekarang itu sampai 1.200 orang. Bahkan bis jadi lebih banyak,” kata Nika Astaga, pengelola pelabuhan.

Pelabuhan Internasional Ferry Batam Centre, dengan berbagai kapal yang siap mengantar calon penumpang | Foto Junedy Bresly
Pelabuhan Internasional Ferry Batam Centre, dengan berbagai kapal yang siap mengantar calon penumpang | Foto Junedy Bresly

Dikatakannya juga, untuk destinasi atau tujuan ke Singapura juga mengalami kenaikan sekitar 30 persen. Dari rata-rata penumpang sekitar 900 orang per hari, hari ini telah mencapai 1.300 calon penumpang.

Data ini belum dikalkulasikan hingga sore nanti, yang dinilai menjadi puncak keberangkatan menuju negara-negara tetangga tersebut.

“Bisa jadi nanti sore semakin banyak, karena belum terdata seluruhnya kan,” tambahnya.

Meski mengalami lonjakan, pihaknya mengklaim masih sanggup melayani keberangkatan penumpang. 

Kesanggupn ini dibuktikan, dengan ketersediaan tiket keberangkatan dan armada pelyaran yang masih kondusif dalam mengantarkan penumpang.

“Masih bisa kita atur lah, kalau ada apa-apa, pasti langsung kita tanggapi,” tandasnya.

Sebelumnya, lonjakan pemudik juga terpantau di Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS), Batam, Sabtu (2/7/2016) pagi, sekitar pukul 06.45 WIB.

Pantauan tim Central Group di Pelabuhan Domestik Sekupang, sejak pagi tadi, sekitar pukul 06.45 WIB. Ratusan bahkan mencapai ribuan penumpang telah memadati ruang pembelian tiket.

Kepadatan calon penumpang kali ini, sebelumnya telah diprediksi oleh otoritas pelabuhan Domestik Sekupang, lantaran bertepatan dengan puncak arus mudik 2016.

Satu persatu calon penumpang terus berdatangan, baik yang datang sendiri maupun diantar sanak saudara terlihat memadati ruang tunggu Pelabuhan dan loket pembelian tiket.

Kebanyakan penumpang di Pelabuhan, saat dilakukan survei menyatakan. Sekitar 70 persennya merupakan calon penumpang dengan tujuan Pelabuhan Domestik di Kota Dumai, Riau.

Baca Juga:  Indra Helmi Pimpin SMSI Kota Batam, Jadikan Perusahaan Pers yang Profesional
Kepadatan calon penumpang dipelabuhan Domestik Sekupang, Batam | Foto Junedy Bresly
Kepadatan calon penumpang dipelabuhan Domestik Sekupang, Batam | Foto Junedy Bresly

Sisanya, sekitar 10 persen adalah penumpang dengan tujuan Tanjungbalai Karimun, 15 persen menuju Bengkalis dan 5 persen sisanya adalah calon penumpang dengan tujuan Selat Panjang.

“Kami mau mudik ke Pekanbaru, jadi lewat rute Dumai dulu,” kata Nike, warga perumahan Baloi View yang mudik bersama dengan ketiga putera dan suaminya.

Meski terus dipadati para calon penumpang, otoritas Pelabuhan tetap mampu melayani lonjakan para pemudik. Selain itu, kapasitas tiket dari berbagai macam Armada pelayaran (Kapal) masih tersedia.

Masih tersedianya tiket, turut menambah kenyamanan para pemudik yang hendak pulang kekampung halamannya.

“Iya, tiketnya masih ada kok. Saya lihat tidak terllu berebut, karena stok tiket masih banyak kata petugasnya,” ungkap Nike.

Baca Juga:  Presiden Targetkan 5 Juta Tenaga Pendidik Dapat Vaksin Covid-19
Ponton pelabuhan yang menjadi akses calon penumpang memasuki kapal | Foto Junedy Bresly
Ponton pelabuhan yang menjadi akses calon penumpang memasuki kapal | Foto Junedy Bresly

Selain pelabuhan Domestik Sekupang, kepadatan juga terlihat di Pelabuhan Internasional Ferry Batam Centre, dengan tujuan Malaysia dan Singapura. Tak kalah padatnya, Pelabuhan Domestik Telaga Punggur, Batam juga dipadati para pemudik yang ingin bertolak ke Tanjungpinang, Kepri.

“Kita mau lebaran di Tanjungpinang, kumpul-kumpul sma keluarga,” kata Radit, salah seorang penumpang kapal MV Oceana.

Diperkirakan, setelah puncak arus mudik hari ini. Pekan depan, Sabtu (9/7/2016) diprediksi menjadi puncak arus balik bagi para pemudik untuk kembali ke Batam.

 

Penulis : Junedy Bresly

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan