BERBAGI
Bupati Bintan Apri Sujadi bersama BPN Bintan dan jajaran terkait lainnya membahas beberapa agenda agraria di Kantor Bapelitbang Bintan, Rabu (10/2/2021) pagi

CENTRALBATAM.CO.ID, BINTAN – Bupati Bintan Apri Sujadi bersama BPN Bintan dan jajaran terkait lainnya membahas beberapa agenda agraria di Kantor Bapelitbang Bintan, Rabu (10/2/2021) pagi.

Beberapa isu yang dibahas, antara lain Pemkab Bintan segera menggesa pekerjaan sertifikasi 402 persil lahan aset yang dimiliki Pemkab Bintan, lalu membahas Zona Nilai Tanah (ZNT). Selanjutnya rencana pelepasan kawasan hutan serta pembahasan lahan di Kecamatan Bintan Utara.

“Jadi ada beberapa agenda yang kita gesa tadi, selain kita akan mengurus sertifikasi 402 persil lahan aset Pemkab Bintan kita juga membahas isu lainnya yaitu penerapan Zona Nilai Tanah (ZNT) , rencana pelepasan kawasan hutan serta pembahasan lahan di Kecamatan Bintan Utara ” ujarnya

Baca Juga:  Pinjol Ilegal Diduga Cuci Uang, 34 Persen Server di Luar Negeri

Dikatakannya juga bahwa kedepannya ZNT akan dijadikan salah satu dasar untuk jual beli lahan guna pembayaran pajak jual beli hal ini sesuai dengan ketentuan dari BPN.

Sedangkan untuk pembayaran PBB masih tetap berdasarkan NJOP. Lalu untuk rencana usulan pelepasan kawasan hutan nanti akan diupayakan bagi kawasan permukiman, perkantoran atau pemerintahan serta lahan pertanian terlebih dahulu.

“Usulan pelepasan kawasan hutan, Kabupaten Bintan kemarin mendapat sekitar 700 Ha. Untuk itu, kita akan utamakan beberapa kawasan meliputi kawasan permukiman masyarakat, kawasan perkantoran/pemerintahan serta lahan pertanian terlebih dahulu,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Bintan, Asnen, menuturkan bahwa pihaknya siap untuk membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan dalam menyelesaikan beberapa persoalan yang dihadapi.

Baca Juga:  Dewan Pers Minta MK Tolak Judicial Review UU Pers

Untuk penyelesaian hal tersebut menurutnya nanti akan dibentuk tim kecil yang terdiri dari beberapa unsur dengan beberapa tugas dan fungsi pokok sesuai bidangnya.

“Untuk pekerjaan sertifikasi 402 persil aset Pemkab Bintan kita siap untuk membantu. Lalu untuk ZNT nantinya akan dijadikan dasar bagi referensi pajak jual beli berdasarkan zona kawasan yang ditetapkan oleh BPN, juga pelepasan kawasan hutan serta pembahasan lahan di Kecamatan Bintan Utara. Insya Allah kita siap membantu pemerintah daerah,” jelasnya.(ndn)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY