BERBAGI
Peta lokasi guncangan gempa bumi | Foto : Ned, BMKG Hang Nadim, Batam

CENTRALBATAM.CO.ID, SERAM-Gempa yang mengguncang pulau Seram Timur, diketahui merupakan gempa bumi tektonik.

Berdasarkan hasil analisis BMKG menunjukkan, gempa bumi terjadi pukul 07.42.52 WIB dengan kekuatan M=5,0 Skala Richter.

Pusat gempa bumi terletak pada 3,58 LS dan 131,43 BT, tepatnya di laut pada jarak 61 km arah timur dari pesisir pantai Seram Timur (Semur), pada kedalaman 10 km. 

Hasil analisis peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukkan, dampak gempa bumi ini berupa guncangan yang dirasakan didaerah Air Kasar, Walang Tengah, Angar, Suru, Namalen, Kataloka, Argam, dan Arbau, pada skala intensitas II SIG BMKG (II-III MMI).

“Banyak warga setempat terkejut akibat guncangan ini, namun demikian hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan akibat gempa bumi,” kata Daryono, Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG‎, Minggu (21/8/2016) pagi.

Gempa bumi Seram Timur merupakan jenis gempa bumi dangkal, yang diduga kuat dipicu oleh aktivitas struktur sesar naik ‘Seram Thrust’ yang melintas di zona busur luar Banda (Outer Banda Arc) disebelah timur Pulau Seram.

Secara tektonik, kawasan ini termasuk kawasan seismik aktif dan kompleks yang sering terjadi gempa bumi berkekuatan kecil dengan kedalaman dangkal. 

“Hasil monitoring BMKG, hingga saat ini belum terjadi gempa bumi susulan. Untuk itu masyarakat pesisir Pulau Seram Timur dihimbau agar tetap tenang, mengingat gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami,” tegasnya.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY