BERBAGI

CENTRALBATAM.CO.ID,DODOMA – Akibat gempa bumi berkekuatan 5.7 SR di Wilayah Tanzania, sedikitnya 16 orang tewas dan 253 orang terluka.

Pemerintah Tanzania menyampaikan duka mendalam untuk para korban.

“Kejadian tragis ini belum pernah terjadi di negara kita sebelumnya. Kita tidak pernah tahu ini bakal terjadi. Pemerintah bersama anda sekalian (warga) dan tidak akan pernah meninggalkan anda,” kata Perdana Menteri Tanzania Kassim Majaliwa, dilansir AFP, Senin (12/9/2016).

Sementara itu, Presiden Tanzania John Magufuli juga turut menyampaikan duka mendalam atas bencana yang telah menelan ratusan korban tersebut.

Sebanyak 15 siswa di sekolah asrama diperkirakan masuk ke dalam daftar 16 korban yang tewas akibat guncangan gempa. Sekitar 800 bangunan hancur, dimana 44 bangunan diantaranya merupakan fasilitas umum. 

Sementara itu di kota Bukoba, sekitar 270 rumah hancur dan listrik padam. Kapasitas rumah sakit di kota tersebut langsung penuh dan stok obat-obatan terbatas akibat banyaknya korban. 

“Telekomunikasi terganggu dan kami berusaha untuk mendapatkan gambar yang jelas tentang kerusakan yang terjadi di rumah sakit dan infrastruktur penting lainnya,” ujar koordinator Red Cross Andreas Sandin dalam pernyataannya. 

Survei Geologi Amerika Serikat menyebut, guncangan gempa di Tanzania juga terasa di Rwanda, Burundi, Uganda dan Kenya.‎

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY