BERBAGI
Analisa BMKG akan Gempa bumi di Mukomuko, Bengkulu | Foto : Ned, BMKG Hang Nadim, Batam

CENTRALBATAM.CO.ID, BENGKULU-Gempa bumi berkekuatan 5,8 pada Skala Richter (SR) kembali mengguncang sekitar 155 Kilometer di Barat Daya Mukomuko, Bengkulu, Sumatera Selatan, Rabu (24/8/2016) malam.

Gempa yang terjadi sekitar pukul 20.48.45 WIB itu berlokasi (koordinat) di 2.95 Lintang Selatan – 100.07 Bujur Timur. Adapun kedalaman lokasi gempa, yakni didasar lautan dengan kedalaman 21 Km.

Hasil analisa BMKG, gempa ini dirasakan di Mukomuko dengan kuat getaran III MMI, Bengkulu Kota I-II MMI, Padang II-III MMI, Painan II-III MMI, Siberut II-III MMI, Sikakap II-III MMI, dan Solok II-III MMI (Modified Mercally Intensity)

Analisa BMKG akan Gempa bumi di Mukomuko, Bengkulu | Foto : Ned, BMKG Hang Nadim, Batam
Analisa BMKG akan Gempa bumi di Mukomuko, Bengkulu | Foto : Ned, BMKG Hang Nadim, Batam

Gempa ini juga diketahui berjarak 155 km di Barat Daya Mukomuko-Bengkulu,164 km Barat Daya Pesisir Selatan-Sumbar,178 km Barat Daya Sungai Penuh-Jambi, 225 km Barat Daya Padang-Sumbar, dan berjarak sekitar 831 km Barat Laut dari Jakarta.

Masyarakat setempat yang merasakan gempa ini turut berhamburan keluar rumah, beberapa benda yang terletak sempat bergetar dan bergeser. Tak hanya itu, beberapa benda yang menggantung juga mengayun kencang senada dengan guncangan gempa yang dirasakan.

Akan hal ini, BMKG menilai masyarakat tidak perlu khawatir dan diperbolehkan melakukan aktifitasnya kembali.

“Memang sempat mengguncang, tapi hanya sesaat saja. Sampai saat ini, belum ada tanda-tanda gempa susulan,” kata Humas BMKG, Eko Suryanto.

Dikataannya juga, gempa kali ini tidak erpotensi tsunami. Sehingga, ia meminta masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpancing isu-isu negatif tentang bencana ini.

“Tidak berpotensi tsunami, jangan terpengaruh isu-isu yang ada,” tegasnya.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY