BERBAGI
Ilustrasi

CENTRALBATAM.CO.ID, NIAS-Bencana gempa tektonik kembali mengguncang Pulau Nias, Rabu (22/6/2016) pagi tadi, sekitar pukul 09.42.03″ WIB.

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa bumi terjadi sekitar pukul 09.42.03 WIB dengan kekuatan 5,1 Skala Richter (SR).

Gempa kali ini terjadi pada Episenter koordinat 0,91 LU dan 97,29 BT, tepatnya di laut pada jarak 24 kilometer arah barat daya Nias Barat, di kedalaman 24 kilometer.

Adapun dampak gempa bumi kali ini, menyebabkann wilayah atau lokasi gempa mengalami guncangan yang dirasakan di Nias Barat mencapai III-IV MMI (II SIG BMKG), di Nias Utara III-IV MMI (II SIG-BMKG) dan di Gunungsitoli II-III MMI (II SIG-BMKG).

Menurut pengakuan masyarakat di Nias Barat, gempa ini sempat membuat warga panik dan sebagian lainnya berlarian keluar rumah menuju perbukitan untuk menyelamatkan diri.

“Saya sempat panik, karena air di bak kamar mandi saya tiba-tiba bergoyang. saat keian semua. Ya saya jadi ikut lari,” kata Monika, salah seprang warga Nias Barat.

Berdasarkan pantauan BMKG dan BPBD Nias, belum adanya laporan akan kerusakan akibat bencana ini. Namun hal yang sangat tergambar, ialah kepanikan warga yang berlarian dan mencoba menyelamatkan diri.

Penulis: Mona

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY