BERBAGI

CENTRALBATAM.CO.ID, KARIMUN– Festival lampu colok di bulan suci Ramadan kembali digelar oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Karimun pada bulan Ramadan 1439 Hijriah.

Diperkirakan jumlah peserta akan semakin banyak. Karena ruang lingkup lomba berbeda dibandingkan tahun lalu. Pada tahun lalu peserta hanya berasal dari Pulau Karimun Besar saja, namun di tahun ini peserta dari Pulau Kundur juga bisa ikut.

“Antusias masyarakat di Kundur juga sangat besar untuk berpartisipasi. Jadi tahun ini kita juga akan turun melakukan penilaian disana. Diperkirakan di Karimun tanggal 27 Ramadan, dan di Kundur 28 Ramadannya,” kata Kepala Bidang Sejarah dan Cagar Budaya Disparbud Karimun yang juga PPTK Festival Lampu Colok, Azmizar Firtanti.

Pada pekan pertama bulan Ramadan ini sudah tujuh peserta yang merupakan kelompok masyarakat telah mendaftarkan diri. Siapapun dapat ikut mendaftar dalam memeriahkan festival tahunan tersebut. Bagi masyarkaat yang mendaftar tidak akan dipungut biaya sama sekali.

Untuk lampu colok, para peserta festival harus membentuk arsitektur bangunan gapura bernuansa Islam. Penilaian akan meliputi keindahan dan kemeriahan lampu colok serta partisipasi masyarakat untuk memeriahkan lampu colok. Namun gapura lampu colok harus lah memiliki tinggi minimal empat meter, tapi tidak boleh mengenai drainase, badan jalan dan tidak boleh berada di area tegangan listrik.

“Kita telah berkoordinasi bersama Polres, Damkar dan Dishub guna membantu melancarkan festival ini,” ujar Azmizar.

Festival lampu colok telah menjadi tradisi di Kabupaten Karimun dalam rangka meriahkan suasana Ramadan serta menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri. Saat festival ini dilaksanakan, masyarakat berlomba-lomba membentuk gapura berbagai bentuk menggunakan lampu minyak tanah.

“Ini merupakan tradisi masyarakat pesisir sejak zaman dahulu yang dijadikan kearifan lokal hingga sekarang,” jelas Azmizar

Azmizar mengharapkan, tradisi yang unik ini dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke Karimun.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY