BERBAGI
Kapolres Bintan bersama PPNS saat melakukan peninjaun kesiapan Pengoperasian Tol Laut

CENTRALBATAM.CO.ID, BINTAN -Program tol laut yang digagas oleh Presiden RI, Joko Widodo pada bulan Februari, 2021 ini resmi beroperasi. Hal ini disampaikan oleh PPNS Disperimdagkop dan UKM Bintan, Setia Kurniawan.

“Kalau tidak ada halangan pada tanggal 5 Februari 2021 ini tol laut atau si tol laut (nama aplikasinya) resmi beroperasi. Tadi pak Kapolres Bintan, AKBP Bambang Sugihartono sudah melakukan peninjaun langsung ke Pelabuhan Kijang,”ujarnya melalui telpon, Kamis (21/1/2021).

Setia menjelaskan, permendag 53 Tahun 2020 tentang Penetapan Jenis Barang yang diangkut dalam Program penyelenggaraan kewajiban pelayanan publik untuk Angkutan Barang dari daerah tertinggal, Terpencil, Terluar, dan Perbatasan.

“Program pak Presiden ini sangat bagus karena dapat menurunkan harga kebutuhan disuatu daerah, termasuk Bintan. Jadi sudah seharusnya kita dukung,”paparnya.

Baca Juga:  Peduli ke Para Pejuang, Wali Kota Batam Silaturahmi dengan Veteran

Lebih lanjut ia menjelaskan, berdasarkan keputusan Direktur Jendral Perdagangan Dalam Negeri No.41 tahun 2018 ada teknis yang mengatur
pendataan, pemantauan, dan evaluasi terhadap jenis, jumlah dan harga barang di daerah yang termasuk dalam Program penyelenggaraan Kewajiban pelayanan publik untuk Angkutan Barang dari dan dari daerah tertinggal, Terpencil, Terluar, dan Perbatasan.

Kemudian, dari keputusan Direktur Jendral Perhubungan Laut Direktorat Jendral Perhubungan Laut Kementrian Perhubungan No. AL.869/DJPL/2020 juga mengatur Penetapan Jaringan Trayek Penyelenggaraan Kewajiban pelayanan publik untuk Angkutan Barang di laut T.A 2021

“Dalam rangka menunjang pendistribusian barang dan ekonomi di daerah terpencil dan daerah belum berkembang serta dalam upaya menurunkan disparitas harga antara Indonesia bagian barat dan Indonesia Bagian Timur maka diperlukan pelayaran yang berkesinambungan tetap dan teratur melalui penyelenggaraan angkutan barang Laut ke seluruh wilayah Indonesia,”sebutnya menjelaskan manfaat dari Tol Laut.

Baca Juga:  Sambut Ramadhan, DLH Batam Gelar Tausyah dan Santuni Anak Yatim

Dengan beroperasinya Tol laut di wilayah Bintan ini nantinya diharapkan dapat menumbuhkan perekonomian. Sebab, pemakain jasa tol laut harus melalui aplikasi Si Tol Laut. Dengan demikian, tidak terjadi pungli seperti yang dikuatirkan oleh banyak masyarakat.

“Untuk pengawasannyadilakukam melalui aplikasi Si Tol Laut (11 January 2021). Dimana, pembayaran langsung dilakukan secara omline ke pusat. Dengan demikian, tidak ada lagi pungli,”paparnya.

“Sementara untuk harga tol laut perkiraan sekitar Rp 2.900.000 per kontainer (feet), sementara harga kapal biasa perkiraan sekitar Rp 8.600.000 per kontainer (feet) kotor. Jadi selisihya lumayan jauh,”tambahnya.

Terpisah, Kapolres Bintan, AKBP Bambang Sugihartono mengatakan tujuan Tol Laut ini dapat memeratakan ketersediaan komoditas atau barang kebutuhan pokok dan kebutuhan penting lainnya. Dengan berporasinya Tol Laut ini kedepan dapat dirasakan oleh suluruh lapisan masyarakat khususnya di Bintan.

Baca Juga:  Terkait Larangan Mudik, Begini Imbauan Kasat Lantas Polres Blora Kepada Sopir Travel.

“Selain itu, Tol Laut ini juga dapat meningkatkan investasi daerah khususnya untuk peningkatan nilai tambah sebagai muatan balik. Dengan demikian, secara bersamaan dapat meningkatkan kesejahteraan seluruh lapisan masyarakat dengan menbunrangi angka pengangguran di Bintan,”tutupnya. (Ndn)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan