BERBAGI
Ilustrasi operasi zebra

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM – ‘Operasi Zebra’ yang sempat digelar oleh jajaran Polda Kepri di Batam beberapa saat lalu, ternyata menjaring cukup banyak pelanggar lalulintas.

Faktanya, peningkatan jumlah peserta sidang tilang di Pengadilan Negeri (PN) Batam langsung melonjak.

Hari ini saja, Jumat (25/11/2016) sedikitnya 418 pelanggar lalulintas akan menjalani persidangan, terkait kesalahannya melanggar peraturan berlalulintas di wilayah Batam.

Sidang terhadap ke-418 pelanggar lalulintas itu mulai digelar sekitar pukul 08.30 WIB, di 4 sampai 5 ruang sidang.

Salah satu pelanggar lalulintas, Edo, saat dikonfirmasi menyatakan bahwa ia ditilang oleh polisi tepat di jalur cepat, Baloi, atau tepat didepan Mapolresta Barelang. Ia ditilang karena memasuki jalur cepat yang telah dipasangi rambu-rambu, bahwa kendaraan roda dua (sepeda motor) dilarang masuk.

“Iya, harusnya lewat jalur kiri (lambat). Tapi karena saya buru-buru, jadi saya tembus saja jalur cepat itu. Eh tidak jauh, sudah ada polisi yang menanti. Ditilang lah saya,” kata Edo, membenarkan penilangan, rangka operasi zebra yang digelar beberapa saat lalu.

Akan kedatangan 418 peserta sidang tilang itu, PN Batam bak kedatangan pendemo, tepat di 25 November. Mengejutkan memang, namun begitulah faktanya. Tampak hampir seluruh ruangan dan sudut PN Batam penuh diduduki para pelanggar lalulintas ini.

Diruang sidang sendiri, para Hakim Tunggal yang hendak menyidangkan belum hadir. Sementara Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Kejari Batam, tampak telah bersedia, bersama dengan panitera pengganti yang juga telah siap memulai persidangan.

Penting diketahui, dalam beberapa sidang terakhir, tercatat sekitar 200 sampai dengan 300 pelanggar lalulintas yang disidangkan. Namun hari ini jumlahnya melonjak, hingga mencapai 418 peserta sidang.

Petugas di PN Batam menyebut, bahwa jumlah itu belum maksimal.

“Bisa jadi, nanti Desember mencapai 1.000 orang yang akan ditilang. Jadi ini belum ada apa-apanya,” kata petugas di PN Batam.

Bagi anda, masyarakat kota Batam atau warga pendatang yang mengaspal di kota industri ini. Penting untuk memperhatikan segala kelengkapan dan surat-surat kendaraan sebelum berpergian.

Imbauan ini sangat penting dan sangat sayang untuk dilewatkan, karena anda bisa menjadi salah satu peserta sidang tilang jika hal-hal tersebut diatas tidak diperhatikan dengan baik.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY