BERBAGI
Kadisdukcapil, Yudha Inangsa memberikan keterangan pada awak media

CENTRALBATAM.CO.ID, BINTAN –Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bintan meminta pengadaan alat server warehouse baru untuk mempermudah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) mengakses data kependudukan secara online.

Pengadaan alat ini guna mempermudah SKPD mengakses data kependudukan dengan mudah. Sebab, selama ini instansi terkait yang membutuhkan data masyarakat harus menjemput langsung ke kantor Disdukcapil.

“Yang terjadi selama ini, contohnya dinas DKP mau menyalurkan bantuan untuk nelayan, mereka harus ke kantor minta data-data nelayan. Nah kalau ada alat ini, maka tidak perlu lagi mereka ke kantor. Jadi kerja kan lebih effesien,” ujar Kepala Disdukcapil Yudha Inangsa, Senin (6/3/2017).

Lebih lanjut ia mengatakan, pengadaan alat server warehouse baru membutuhkan dana sebesar Rp313 juta untuk memenuhi kelengkapan alatnya. Dia menyampaikan telah mengusulkan pengadaan alat dalam rapat SKPD Bintan di Hermes Agro, Kilometer 24.

Baca Juga:  Dua Orang Tewas Tertimbun Tanah, 7 Jam Basarnas Cari Korban Longsor di Bukit Senyum

Selain itu dia juga mengatakan, pihaknya juga akan mengadakan pelatihan kepada operator yang ditunjuk untuk mengakses data-datanya. Dengan adanya server ini akan mempermudah pelayanan data-data penduduk dan mendukung program kerja SKPD masing-masing. Yudha berharap tahun 2017 ini server warehouse yang dimaksud sudah dapat difungsikan di Pemkab Bintan.

“Operator komputernya akan dapat pelatihan, kita akan usahakan tahun sudah ada server datanya. Semoga pengadaan alat ini disetujui oleh kawan-kawan dewan,” ungkapnya.

Masih kata Yudha, pengadaan server warehouse ini baru bisa disampaikan setelah Disdukcapil mendapat surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri agar server daerah dan pusat terpisah.

“Kita baru dapat suratnya akhir Februari lalu. Isinya server daerah harus terpisah dari server induk. Jadi baru diusulkan sekarang, dengan estimasi anggaran pengadaan perangkat Rp313 juta,” pungkasnya.

Baca Juga:  Kadinkes Bintan Sebut 1.331 Nakes akan Terima Vaksin Gratis.

Terpisah, anggota Komisi II Umar Ali Rangkuti yang ikut dalam rapat bersama dengan SKPD mengatakan, rapat forum koordinasi SKPD  penting agar program kerja setiap perangkat daerah lebih terarah dengan penyusunan serta penyesuaian kemampuan anggaran yang dimiliki daerah. Dia berharap, kegiatan rapat SKPD  mampu menghasilkan rencana yang baik dalam mensejahterakan masyarakat di Kabupaten Bintan.

“Semua dibahas masing-masing SKPD. Kita ingin program kerjanya bisa direalisasikan demi kepentingan masyarakat kita,” pungkas Umar. (Ndn)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY