BERBAGI
Rapat BPJS

Tanjungpinang, Jamkesnews – Berdasarkan data dari World Health Organization (WHO) tahun 2016, kecelakaan lalu lintas (KLL) menelan korban jiwa hingga 1,3 juta jiwa dan menduduki peringkat ke-9 penyebab kematian tertinggi di dunia. Indonesia ada di urutan ketiga sebagai negara dengan jumlah KLL terbesar.

INSIDEN merupakan salah satu inovasi yang telah dikembangkan oleh BPJS Kesehatan bersama PT. Jasa Raharja sejak Maret 2018 dalam rangka memberikan kemudahan dan kepastian kepada peserta korban kecelakaan lalu lintas.
Pada Sosialisasi Aplikasi INSIDEN yang dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang Rabu (03/07), Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang, A. Marisah Hijriyyah Lestari menyampaikan banyak manfaat dari penerapan INSIDEN, yaitu untuk mempermudah proses penjaminan bagi korban kecelakaan lalu lintas serta memberikan informasi penjaminan korban kecelakaan lalu lintas secara transparan dan akuntabel sesuai dengan tahapan penjaminan.
“Dengan Aplikasi INSIDEN, korban atau keluarga korban kecelakaan lalu lintas dapat mengurus administrasi penjaminan tanpa harus datang ke kantor cabang Jasa Raharja atau kantor cabang BPJS Kesehatan,” jelas Marisah.
Skema pelayanan INSIDEN yaitu setelah cetak SEP dan data tersimpan maka data kejadian kecelakaan terkirim otomatis secara sistem ke server PT. Jasa Raharja, kemudian dari petugas PT Jasa Raharja akan berkunjung ke RS sesuai dengan data kecelakaan yang dientri oleh pihak RS dan JR akan menginformasikan kejadian ke pihak kepolisian setempat. BPJS Kesehatan sebagai penjamin kedua kasus KLL, menjamin setelah mendapatkan respon dari PT Jasa Raharja (Persero). Jika ternyata kasus KLL dijamin oleh JR maka SEP dihapus oleh Rumah Sakit.
Marisah juga menambahkan perihal penjaminan kecelakaan lalu lintas harus memiliki laporan polisi baik itu kecelakaan tunggal ataupun ganda.
“Diingatkan kembali, untuk kecelakaan lalu lintas tunggal ataupun ganda, tetap harus ada laporan polisi,” tegas Marisah
Marisah menambahkan dengan komitmen bersama antara BPJS Kesehatan, PT Jasa Raharja dan penyedia pelayanan kesehatan, INSIDEN dapat menjadi salah satu bukti nyata inovasi pelayanan publik bagi korban kecelakaan lalu lintas.
Kepala PT. Jasa Raharja Cabang Tanjungpinang, Rudy menyampaikan dengan Aplikasi Insiden ini, maka kedepannya proses koordinasi antara BPJS Kesehatan, PT Jasa Raharja dan penyedia pelayanan kesehatan menjadi lebih mudah, cepat, tepat dan akurat.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY