BERBAGI
Petugas kesehatan terlihat membersihkan jalan membasmi penyebaran virus corona

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM – Memasuki hari keempat lebaran, delapan kecamatan di Kota Batam masih berstatus zona merah penyebaran Covid-19.

Kecamatan tersebut antara lain, Kecamatan Sekupang, Lubukbaja, Bengkong, Nongsa, Batamkota, Seibeduk, Sagulung, dan Batuaji.

Walau penambahan pasien terkonfirmasi positif masih terjadi, Kadinkes Batam, Didi Kusmarjadi menyebutkan jika kasus Covid-19 cenderung menurun dalam beberapa pekan terakhir.

“Justru menurun,” tegas Didi, Minggu (16/5/2021).

Didi menjelaskan, penurunan terjadi pada akhir bulan April menuju pertengahan bulan Mei 2021.

Di sisi lain, Tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Batam mencatat, persentase kasus aktif mencapai 7,605 persen.

Dengan total pasien yang sedang dirawat sebanyak 598 orang.

Sementara itu, total pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Batam sevanyak 7.863. Di mana 7.094 di antaranya berhasil sembuh dan 171 orang lainnya meninggal.

Baca Juga:  BPJS Ketenagakerjaan Dorong Perusahaan Tertib Kepesertaan untuk Pastikan BSU Tepat Sasaran

“Persentase tingkat kematian sesuai data tim satgas sebesar 2,175 persen. Untuk persentase kesembuhan mencapai 90,22 persen,” tutup Didi.

Sementara itu, pasca libur hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah, pasien covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah Embung Fatimah (RSUD EF), Kota Batam Provinsi Kepri, membludak.

Lantai tiga gedung rawat inap RSUD terpakasa digunakan. Saat ini jumlah pasien yang menjalani perawatan di RSUD EF, sebanyak 54 pasien.

“Pasien yang menjalani perawatan di RSUD EF, 54 orang,” kata dr Yevina, Minggu (16/5/2021).

Dia menjelaskan sebagian pasien menjalani perawatan di gedung rawat inap lantai tiga RSUD.

“Gedung itu sudah lama kita gunakan sebagai ruang isolasi, cuma sempat beberapa kali kosong. Saat ini kita gunakan kembali, karena pasien covid-19, meningkat,” kata Yevina.

Baca Juga:  PPKM Level 4 Diperpanjang, Pemko Batam Mulai Giatkan Tes Antigen Massal bagi Warga

Dia menjelaskan saat ini dari 54 pasien Covid-19 di RSUD EF, Lima diantaranya suspek, sementara 49 orang lainnya, terkonfirmasi positif covid-19.

Dari 54 pasien Covid-19 yang menjalanibperawatan di RSUD EF, 18 orang diantaranya laki-laki, sementara 36 orang lainnya perempuan.(dkh)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan