BERBAGI
Ilustrasi

CENTRALBATAM.CO.ID, JAKARTA – Mengupas lebih dalam tentang tarif internet dari berbagai provider dan penyedia jasa telekomunikasi di Indonesia tim Central Batam menyajikan beberapa perbandingan yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber terpercaya.

Untuk mendapatkan data yang benar-benar final, tim telah membandingkan beberapa tarif yang dikenakan oleh berbagai merek provider teranyar di negeri ini. Adapun tarif kuota internet yang akan dipaparkan perbandingannya, ialah provider Telkomsel, XL, dan Indosat Ooredoo.

Sebagaimana diketahui, ketiga provider itu merupakan penguasa raksasa dalam pangsa pasar provider internet dan telekomunikasi. Untuk mengetahuinya, berikut perbandingannya:

Telkomsel

Untuk paket 4G LTE Telkomsel, ada beberapa jenis paket mulai dari Gigamax untuk Simpati, serta Paket Basic, Paket Combo, serta Paket Flash 4G LTE yang bisa digunakan untuk Simpati, Kartu AS, maupun LOOP.

Untuk Paket GIGAMAX yang termurah yakni GIGAMAX Basic, berisi kuota reguler 100MB, kuota 4G 1GB, Kuota HOOQ/VIU 1GB, dibanderol seharga Rp 49.000. Masih ada Paket GIGAMAX Lite, Pro, Platinum, serta Ultimate, dengan rentang harga dari Rp 89.000 hingga Rp 299.000, dengan rentang kuota 4G 5GB hingga 20 GB.

Baca Juga:  Kerahkan Perangkat Daerah Bantu Warga Terdampak Banjir, Ini Arahan Bupati Bintan

Lalu ada paket Basic yang berisi kuota 2GB untuk Simpati, dengan banderol harga Rp 80.000. Sementara paket Basic ini juga diusung Kartu AS dan Loop dengan harga Rp 60.000, dengan kuota 1,3 GB. Semua paket ini termasuk gratis Package Movie.

Ada juga paket Combo yang berisi kuota 3,5 GB untuk Simpati, dengan banderol harga Rp 150.000. Paket ini juga ada di Kartu AS dan Loop dengan kuota 1,8GB dengan banderol harga Rp 100.000. Terakhir ada Paket Flash 4G LTE, yang dibanderol dengan rentang harga Rp 65.000 hingga Rp 450.000 dengan kuota 2 GB Extra 4 GB hingga 14 GB Extra 10 GB, dengan masa aktif 1 bulan.

Perlu diketahui bahwa Telkomsel menetapkan pembagian zona tarif wilayah, di mana harga tarif tidak selalu sama di setiap wilayahnya. Zona wilayah ini juga seringkali jadi zona batasan penggunaan layanan 4G, di mana layanan yang dibeli di suatu wilayah, tak selalu bisa digunakan di wilayah lain.

Baca Juga:  Perpat Lingga Didampingi Camat Katang Bidara Salurkan Bantuan Kepada Warga Yang Terkena Musibah Gelombang Pasang

Meski demikian, Telkomsel menawarkan banyak sekali tambahan seperti bebas akses ke HOOQ atau VIU, serta kualitas cakupan wilayah yang cukup luas yang berarti kualitas jaringan akan lebih baik.

XL

XL memiliki paket layanan 4G yakni Combo XTRA dan HotRod Xtra. Combo Xtra dinaderol mulai dari harga Rp 59.000 dengan kuota reguler2GB, kuota 4G 4G, telepon 20 menit, serta kuota YouTube 2GB. Akan ada berbagai paket dengan rentang harga hingga Rp 239.000, dengan kuota 4G 28GB.

XL juga memiliki paket HotRod Xtra, yang berbasis kuota internet 4G/3G/2G, ditambah kuota telepon, di masa berlaku 30 hari. Paket ini dibanderol dengan rentang harga mulai dari Rp 39.000 dengan kuota 1GB + 60 menit telepon, hingga Rp 239.000 dengan kuota 16GB + 300 menit telepon.

Baca Juga:  13 Fasilitas Pendidikan Terdampak Di Bintan

Indosat Ooredoo

Indosat Ooredoo memiliki Paket Indosat Ooredoo Freedom Combo. Ada empat buah paket 4G yang ditawarkan, yakni Freedom Combo M, Freedom Combo L, Freedom Combo Xl, Freedom Combo XXL. Rentang harganya mulai dari Rp 59.000 hingga Rp 199.000 dengan total kuota mulai dari 7GB hingga 37GB. Total kuota ini terdiri dari kuota utama yang bisa diakses di semua jaringan yakni 2G/3G/4G, dan kuota tambahan yang hanya bisa diakses di jaringan 4G.

Dengan menilik fakta tersebut, diperoleh data bahwa Telkomsel memang membanderol harga paling tinggi alias paling mahal dalam bisnisnya. Saat dikonfirmasi, jajaran petinggi Telkomsel memang mengakui mahalnya tarif tersebut, akan tetapi tingginya harga yang harus dibayar dianggap sesuai dengan kualitas yang diterapkan untuk melayani sistem komunikasi masyarakat Indonesia tetap menjadi prioritas.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY