BERBAGI
Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam

CENTRALBATAM.CO.ID, Bintan –Wakil Bupati (Wabup) Bintan, Dalmasri Syam memimpin rapat pengawasan untuk orang asing bersama Tim Pengawas Orang Asing (Tim Pora) di ruang kantor Bupati, Bintan Bunyu, Selasa (19/3).

Rapat ini dilakukan untuk meningkatan pengawasan terhadap orang asing yang masuk di wilayah Bintan.

Hadir dengan mengenakan kemeja hitam putih, dalmasri terlebih dahulu menyapa para hadirin saat itu. Diantaranya; Tim Pora Imigras Tanjunguban, Disnaker Bintan, Bea Cukai, Polres bintan, TNI serta kejaksaan negeri. Selain itu, anggota Badan Intelejen Nasional (BIN) juga turut hadir dan sejumlah OPD lainya.

Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam tanda tangan MoU

Wabup, Dalmasri Syam mengatakan hal ini untuk memperkuat tugas dan fungsi Tim Poran terhadap pengawasan serta sinegitas antara seluruh elemen yang terkait dalam Tim Pora tersebut di wilayah Bintan.

“Seperti kita lihat bersama, saat ini Bintan sudah menjadi salah satu primado bagi wisata manca Negara. Untuk itu, kita melakukan MoU kerjasama bersama instasi untuk meningkatkan pengawasan terhadap orang asing di wilayah Bintan,” kata Dalmasri.

Dalmasri menjelaskan, pengawasan yang dimaksud adalah Pengawasan terhadap Warga Negara asing meliputi pengawasan lalu lintas orang asing yang masuk atau keluar wilayah Indonesia, serta pengawasan terhadap keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah Indonesia.

“Dan untuk pengawasan ini, perlu pihak imigrasi melibatkan Pemkab Bintan agar pengawasan ini bisa ditingkatkan,” katanya.

Sementara itu, dalam laporannya, Ka. Divisi Imigrasi Ahmad Firmansyah mengatakan bahwa maksud dari dilakukannya penadatanganan MOU peguatan tugas dan fungsi tidak lain adalah untuk memudahkan melakukan komunikasi, kordinasi dan tukar menukar informasi guna pengawasan keberadaan dan kegiatan orang asing sehingga nantinya pengawasan dan intelijen keimigrasian dapat berjalan sesuai dengan UU.

Ia juga menjelaskan tujuan dari pembentukan sekertariat Pora adalah untuk memudahkan melakukan pengumpulan informasi atas keberadaan dan kegiatan orang asing guna pengawasan dan penegakan peraturan keimigrasian.” ungkapnya

Foto bersama usai rapat

“Kedepannya Tim Pora bukan hanya melakukan pengawasan saja, namun secara berkala akan dilakukan operasi gabungan terhadap orang asing”

Wakil Bupati Bintan,  Dalmasri Syam, menyambut baik terbentuknya Tim Pora karena peran, tugas dan tanggung jawab sudah dituangkan dalam surat keputusan, dan setiap bidang sudah ada. anggung jawabnya masing-masing, jadi jika suatu saat dilakukan operasi gabungan, TIM kita sudah benar-benar siap.

“Selain pembentukan TIMPORA tidak lupa kita juga harus mempersiapkan sumber daya manusia (SDA) yang handal, agar nanti saat dalam bertugas dapat terlaksana secara maksimal dan optimal” pungkasnya. (Ndn)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY