BERBAGI

CENTRALBATAM.CO.ID, HANOI-Indonesia patut berbangga hati dengan aksi tim olimpiade yang berhasil meraih 1 medali emas, 2 perak, dan 1 perunggu di ajang Olimpiade Biologi Internasional (IBO) ke-27 di Hanoi, Vietnam.

Olimpiade tersebut berlangsung sejak 17 hingga 23 Juli 2016 kemarin.

Berdasarkan keterangan tertulis dari KBRI Hanoi, Sabtu (23/7/2016). Tim dari Indonesia terdiri dari 4 pelajar yang berasal 4 sekolah berbeda. Mereka adalah Wilson Gomarga dari SMAK IPEKA Sunter Jakarta, Robin Chandra dari SMA BPK 3 Penabur Jakarta, Fatin Camilla Azhary dari SMAN 1 Kendal, dan Andrea Laurentius dari SMA 1 Sutomo Medan.

Medali emas diraih oleh Wilson, perak oleh Robin dan Fatin, dan perunggu diraih Andrea.

‎Wilson mengaku terkejut dengan apa yang diraihnya, dia pun berpesan agar para pelajar Indonesia tak minder karena pada dasarnya pelajar Indonesia memiliki kemampuan yang sama dengan pelajar di belahan bumi lain. 

“Saya tidak menyangka dapat meraih emas karena merasa tes, terutama tes praktikum, di olimpiade kali ini jauh lebih sulit dibanding yang telah dilatih sebelumnya,” ujar Wilson, siswa yang bercita-cita melanjutkan kuliah di Massachusetts Institute of Technology (MIT) itu. 

Duta Besar RI untuk Vietnam, Ibnu Hadi, menyampaikan rasa bangga dengan prestasi putra-putri ini. Pembimbing tim Indonesia, Agus Dana Permana, merasa lega dengan hasil yang diraih anak didiknya. 

“Saya bersyukur dengan prestasi para anak didik dan pencapaian ini mengulang hasil di IBO tahun 2015,” tutur Agus. 

IBO 2016 diikuti oleh 253 peserta dari 68 negara. Lokasi olimpiade berpusat di Hanoi National University of Education untuk pelaksanaan tes praktek maupun tertulis.

Dalam event selanjutnya, Inggris akan menjadi tuan rumah di gelaran IBO tahun berikutnya. Dengan peluang yang telah dimaksimalkan ini, Indonesia disinyalir berpeluang besar, untuk kembali mendulang emas dalam event tersebut.

Dengan itu, Ibnu Hadi berpesan kepada seluruh pelajar Indonesia untuk tetap giat belajar dan berprestasi sebaik mungkin.

“Ya, semoga kita bisa dapat lagi. Kami minta kepada seluruh anak bangsa, untuk lebih giat belajar dan dapat mengharuman nama Indonesia dikancah Internasional,” tegasnya.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan