BERBAGI
Penampakan awan gelap pekat disekitar Pelabuhan Domestik Telaga Punggur, Batam | Foto : Junedy Bresly

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM-Awan gelap dan rintik hujan telah terpantau sejak pagi tadi, dihampir seluruh wilayah Kota Batam, Kamis (1/9/2016) pagi.

Hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pun tampak mengguyur dibeberapa Kecamatan dan Kelurahan yang ada.

Tampak sejak pagi, Kecamatan Batam Kota, Lubuk Baja, Sekupang dan beberapa Kelurahan di Kecamatan Batu‎ Aji telah diselimuti awan gelap. Hingga sekitar pukul 10.30 WIB tadi, hujan dengan derasnya mengguyur daerah-daerah tersebut.

Kondisi mendung berawan hitam pekat dan guyura hujan lebat, kian membuat cuaca di Kota Batam semakin tidak tentu arah.

Saat dikonfirmasi, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Hang Nadim, Batam. Melalui Kepala BMKG Hang Nadim, Philip Mustamu turut membenarkannya.

Dia mengatakan, saat ini Kepri, khususnya Batam tengah mengalami masa banyak hujan. Hal ini ditegaskan, dengan penampakan sejak beberapa hari lalu yang memang telah diwarnai dengan awan gelap dan hujan yang mengguyur.

“Ya, masa-masa banyak hujan sekarang ini. Jadi wajar saja, kalau sebentar-sebentar sudah mendung dan hujan,” kata Philip Mustamu, Kepala BMKG Hang Nadim, Batam.

Peringatan akan tingginya curah hujan, disertai dengan guntur dan petir | Foto : Junedy Bresly, BMKG Hang Nadim, Batam
Peringatan akan tingginya curah hujan, disertai dengan guntur dan petir | Foto : Junedy Bresly, BMKG Hang Nadim, Batam

Philip menegaskan, kondisi ini turut diperparah dengan hemusan angin yang datang dari Selatan. Mengingat diselatan Indonesia merupakan (lautan) yang luas, tak salah jika akhirnya uap air (massa udara) dari Selatan terbawa ke Kepri (Batam).

Dengan terbawanya massa udara itu, secara cepat pembentukan awan konvektif sebagai media pemicu hujan akan terjadi (terbentuk). Hal ini pula yang menyebabkan Batam semakin sering diuyur hujan.

“Jadi itulah penyebabnya,” ucapnya.

Selain hujan, masih kata Philip. Cuaca di Batam juga akan diwarnai dengan hemusan angin kencang, serta gemuruh petir dan kilat.

Oleh karenanya, ia meminta kepada seluruh masyarakat Batam. Untuk selalu menjaga keselamatan saat berada atau beratifitas diluar rumah, dalam kondisi seperti saat ini.

“Ya, kalau tak perlu keluar rumah, sebaiknya didalam saja. Jaga kesehatan. Saat-saat seperti ini pula, seseorang lebih rawan terjangkit penyait,” saranya.‎

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY