BERBAGI
Gubernur Kepri, Nurdin Basirun

CENTRALBATAM.CO.ID, BINTAN –Ulah salah satu Resort di kawasan pariwisata Lagoi bay, Clubmed mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (TKA) illegal telah mengakibatkan kerugian Pemkab hingga ratusan juta rupiah.

Bahkan berdasarkan dari paparan Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSPTK) Bintan Hasfarizal Handra mengatakan, kerugian negara mencapai Rp 600 juta per tahunya.

“Setiap pekerja asing wajib membayar retribusi US$1200  per tahun. Jadi kalau 41 TKA sekitar Rp600 juta per tahun, dengan kurs US$ 1 nilainya Rp13 ribu ,” ujar Hasfarizal Handra, di Bandar Seri Bentan, Rabu (18/1).

Petugas Imigrasi terlihat sedang memeriksa TKA / foto Zai

Ia menjelaskan hitungan itu, dengan asumsi 41 TKA tersebut bekerja sepanjang tahun.

Baca ’41 TKA Diamankan Imigrasi’

Sementara itu, Gubernur Kepri, Nurdin Basirun saat dikonfirmasi tindakan apa yang akan ambil oleh pemerintah karena resort ini telah didapati tiga kali melanggara, Nurdin mengatakan tidak ditindak.

Pernyataan Nurdin ini seolah-olah membiarkan Resort ini terus melakukan kesalahan. Sebab, selama dua kali ditanyakan apa tindakan pemerintah, jawaban tetap sama ‘tidak ditindak’

“Tidak akan tindak. Biar aja, kan diseluruh dunia juga seperti itu. Paling kita memberikan teguran saja agar tidak mengulang lagi,” kata Nurdin.

Baca berita terkait

Bahkan saat dirinya diberitahukan bahwa ini ketiga kali resorts ini melanggar, Nurdin menjawab hal yang sama. “Nggak, kita tidak akan menghukumnya,” pungkasnya.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY