BERBAGI
Jemaah umrah Batam usai menikmati bakso Mang Oedin khas Indonesia di kota Jeddah Arab Saudi, 7 Mei 2017 lalu.

Umat Islam di seluruh dunia sudah menikmati puasa Ramadan 1439 Hijriah hari ketiga Sabtu (17/5/2018). Keutamaan bulan yang suci ini tidak terhingga kelezatannya. Umat muslim tidak hanya berpuasa dan Tarawih saja. Melainkan ada sebuah ibadah sunah yang apabila dikerjakan pahalanya setara dengan ibadah haji bersama Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wassalam. Apa itu?

Adalah umrah Ramadan. Ibadah ini menjadi ibadah agung bagi umat Islam. Beragam keistimewaan yang luar biasa diberikan Allah kepada umat Islam. Umrah ini biasanya dikerjakan pada awal, pertengahan atau akhir Ramadan. Oleh sebab itu umat muslim sangat dianjurkan berumrah karena keutamaan sangat besar dibandingkan umrah di luar bulan Ramadan.

Dari tahun ke tahun, umat muslim dari seluruh dunia berebut untuk menunaikan ibadah umrah selama Ramadan. Kendati biaya umrah tidak setara dengan umrah di bulan biasa, justru ibadah ini sangat diminati umat Islam di tanah air. Tidak terkecuali masyarakat muslim di Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau juga berlomba-lomba untuk mengerjakannya.

Umrah bulan Ramadan memiliki nilai spiritual yang sangat tinggi. Salah satu keagungannya, umrah Ramadan setara dengan ibadah haji. Untuk itu, bulan Ramadan hanya terjadi sekali dalam setahun maka umat Islam jangan melewatkan begitu saja. Hadis shahih Bukhari nomor 1782 dan Muslim nomor 1256 menegaskan keutamaan umrah saat Ramadan.

Jika Ramadan tiba berumrahlah saat itu karena umrah Ramadan senilai dengan (ibadah) haji (HR. Bukhari 1782). Umrah pada bulan Ramadan senilai dengan ibadah haji (HR. Muslim Nomor 1256). Selain itu dijelaskannya bahwa sesungguhnya umrah di bulan Ramadan seperti berhaji bersama Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wassalam (HR. Bukhari Nomor 1863).

Selama Ramadan, setiap amalan ibadah dilipatgandakan Allah. Pahala ibadah di masjid Nabawi Madinah 1.000 kali lipat dan di Masjidil Haram Makkah 100.000 kali lipat. Jika ibadah umrah dikerjakan selama Ramadan, Insya Allah pahalanya lebih dari 1.000 atau 100.000 kali lipat. Selama di tanah suci, kenikmatan beribadah tidak bisa diukur dengan harta atau tertandingi di tempat lainnya.

Sebagai contoh, jika umat muslim berbuka puasa, mereka akan berjumpa dengan jutaan umat Islam dari seluruh penjuru bumi. Demikian halnya saat salat Tarawih dilakukan selama sekitar 2,5 jam dengan lantunan bacaan Alquran yang syahdu nan merdu. Untuk itu, umat Islam di mana pun berada yang belum pernah umrah Ramadan segeralah berangkat umrah karena pahalanya setara haji.

Usia (wafat) kita tidak pernah tahu dan daftar tunggu haji di Kepulauan Riau nyaris selama 13 tahun lamanya. Dengan umrah Ramadan esensi spiritual yang agung dan dahsyat bisa diraih. Maka dari itu berlomba-lombalah agar bisa menunaikan umrah di bulan Ramadan. Jadi tunggu apalagi? Harta hilang untuk umrah bisa dicari, nyawa hilang pergi tak akan bisa kembali. Mari berumrah selama Ramadan.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY