BERBAGI
Lahan dan Hutan yang sengaja dibakar OTK | Foto : Junedy Bresly

CENTRALBATAM.CO.ID, RIAU– Satuan Tugas (Satgas) penanggulangan dan pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Pekanbaru, Riau akhirnya menyegel sejumlah lahan yang sempat terbakar dan yang sengaja dibakar.

Tak hanya itu, satgas Udara menerjunkan pasukan elite (elit, red) TNI AU Batalyon Paskhas untuk terjun ke lokasi dalam melaksanakan pengamanan.

Kebakarn lahan dan hutan (Karhutla) di Riau | Foto Mona
Kebakarn lahan dan hutan (Karhutla) di Riau | Foto Mona

“Tadi kita rapat lintas Satgas di Posko Lanud Roesmin Nurjadin. Tim memutuskan seluruh lahan yang terbakar kita segel,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Edwar Sanger, Jumat (1/7/2016).

Edwar menjelaskan, selama bulan Ramadan ini, kebakaran lahan di Riau terus meluas. Dari Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Rokan Hilir, sampai ke wilayah Pemerintah Kota (Pemko) Dumai.

“Ketiga wilayah itu marak terjadi kebakaran lahan, dengan wilayah penyebaran yang sangat luas. Kuat dugaan kita, ada unsur kesengajaan. Karenanya lahan yang disegel atau diberi garis polisi dan tidak boleh dupergunakan,” kata Edwar.

Sementara itu, Komandan Satgas Udara, Marsma Henri Alfiandi mengatakan, pihaknya melibatkan pasukan elite TNI AU Batalyon Komando (Yonko) 462 Paskhas dari Pekanbaru.

“Pasukan Paskhas bersama tim Polda Riau melakukan tindakan pencegahan Karhutla. Tim menyegel lahan terbakar di Kabupaten Rohil,” kata Marsma Henri Alfiandi yang juga menjabat Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru.‎

 

Penulis : Junedy Bresly

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY