BERBAGI
Mohammad Ginastra, saksi pasangan BERSINAR menyerahkan form keberatan yang menjadi catatan dan temuan dugaan kecurangan kepada Eko Purwandoko Ketua KPU Karimun seusai Pelaksanaan Rapat Pleno Terbuka, Rabu (16/12/2020) malam

CENTRALBATAM.CO.ID, KARIMUN – Gugatan yang dilayangkan Pasangan calon (Paslon) Bupati dan wakil Bupati Karimun  nomor urut 2, Iskandar Syah-Anwar Abu Bakar (BERSINAR) itu telah terdaftar di situs resmi Mahkamah Konstitusi (MK) pada Jumat (18/12/2020).

Gugatan Paslon 02 ke MK salah satunya ialah terkait penetapan KPU Karimun atas selisih suara antara Paslon nomor urut 01 dan Paslon nomor urut 02 yang hanya 86 suara.

Kubu Paslon nomor urut 02 menyatakan keberatan dan menduga ada manipulasi penggunaan surat suara serta telah terjadi pelanggaran – pelanggaran yang telah terjadi secara tersetruktur, sistematis dan massif.

Salah satu pelanggaran itu ialah dengan adanya dugaan KPU Karimun dan Paslon petahana memanipulasi surat suara disabilitas.

Baca Juga:  Ibu Peluk Jasad Anak Tiga Hari, Akhirnya Meninggal Dunia saat Isolasi Mandiri

Dimana berdasarkan fakta dimiliki oleh kubu Paslon 02 jumlah suara Disabilitas di Kecamatan Kundur di dalam Daftar Pemilihan Tetap (DPT) tidak sesuai dengan jumlah disabilitas dalam model C hasil salinan KWK.

Sekretaris DPD PKS Kabupaten Karimun Mohammad Ginastra mengatakan, saat ini semua pemberkasan dan bukti- bukti telah lengkap dan dimasukkan di permohonan pada Senin (28/12/2020) lalu.

“Sudah lengkap dan kita masih menunggu jadwal persidangan keluar,” ucap Ginastra.

Permohonan gugatan kubu 02 itu sebelumnya dikabarkan tidak lengkap dan MK telah meminta untuk segera dilakukan perbaikan.

Terkait informasi itu, Ginastra juga mengatakan perbaikan telah diselesaikan.

“Sudah selesai, kita tunggu jadwal saja,” katanya singkat.

Baca Juga:  Yang Belum Divaksin, Tiga RSUD Bintan Selalu Siap Memvaksin Warga

Sementara itu, Ketua KPU Karimun Eko Purwandoko mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih belum menerima pemanggilan dari MK terkait gugatan yang telah dilayangkan Paslon 02 Iskandarsyah – Anwar Abubakar.

“Sampai saat ini belum ada kita dipanggil. Kita masih menunggu,” ucap Eko.

Ia mengatakan, pihaknya menyatakan kesiapan untuk menjalani sidang gugatan tersebut. Bahkan, Eko mengakui telah menyiapkan kuasa hukum untuk mendampinginya nanti di dalam persidangan.

“Kita pastinya siap, dan telah menyiapkan kuasa hukum. Kita berharap ini segera selesai,” kata Eko.

Sebelumnya, Tim Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Karimun nomor urut 02 Iskandarsyah – Anwar Abubakar secara resmi melayangkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait penolakan hasil Pilkada Karimun 2020.

Baca Juga:  Kapolsek Gunungkijang Pastikan Penyembelihan Hewan Qurban Sesuai Prokes

Gugatan pemilu kubu rival Petahana itu secara resmi terdaftar di MK pada Jumat (18/12/2020)  kemarin atau dua hari setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karimun menetapkan hasil rekapitulasi perolehan suara pasangan Aunur Rafiq – Anwar Hasyim lebih unggul 86 suara.(ayf)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan