BERBAGI
Bendera mirip Merah Putih di Gedung Capitol saat kerusuhan pendukung Presiden AS Donald Trump. (Dok. KBRI Washington)

CENTRALBATAM.CO.ID, WASHINGTON DC – Bendera merah putih berkibar saat pendukung Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump rusuh di Gedung Capitol Hill, Washington D.C, pada Rabu (6/1/2021).

Massa pendukung Trump menyerbu dan merusak Gedung Kongres Capitol Hill sebagai bentuk penolakan pengukuhan kemenangan Joe Biden di pilpres oleh Kongres.

Rekaman video sejumlah media AS memperlihatkan ratusan massa Trump merangsek kompleks Capitol Hill, mencoba memasuki gedung paling aman setelah Gedung Putih tersebut.

Dalam video rekaman televisi yang memperlihatkan kerumunan massa tersebut, terlihat ada seorang pendukung Trump yang membawa bendera sekilas berwarna merah putih seperti Bendera Indonesia.

Kedutaan Besar RI untuk Amerika Serikat buka suara terkait informasi yang beredar di media sosial bahwa Bendera Merah Putih berkibar saat kerusuhan terjadi di Gedung Capitol Hill, Washington D.C.

Baca Juga:  Peduli ke Para Pejuang, Wali Kota Batam Silaturahmi dengan Veteran

“Soal bendera, itu adalah bendera negara bagian North Carolina. Tidak betul sama sekali bahwa itu bendera Indonesia,” kata Sekretaris II Fungsi Penerangan KBRI Washington D.C, Denny Zaelani, seperti yang dilansir CNNIndonesia.com, Jumat (8/1/2021).

Kerusuhan bermula ketika massa pendukung Trump menggelar demonstrasi di depan Gedung Capitol saat Kongres tengah melangsungkan penghitungan pemungutan suara elektoral (electoral vote) pemilu pada Rabu siang.

Sebagian pendukung Trump berasal dari kelompok milisi dan organisasi masyarakat sayap kanan dan supremasi kulit putih seperti Proud Boys.(*)

Sumber : CNN

Baca berita menarik CENTRALBATAM.co.id lainnya di Google News 

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan