BERBAGI
Penampakan awan gelap pekat disekitar Pelabuhan Domestik Telaga Punggur, Batam | Foto : Junedy Bresly

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM-Kecamatan Batam Kota, Sekupang, ditambah dengan beberapa kelurahan lainnya pada Minggu (21/8/2016) sejak pukul 07.02 WIB telah diguyur hujan.

Dengan curah hujan cukup tinggi, membuat beberapa wilayah dan jalanan yang lebih rendah tergenang air.

Hujan seperti yang terjadi saat ini, dalam beberapa hari belakangan memang jarang terjadi. Namun, kali ini curahnya malah sangat lebat disertai dentuman petir keras dan kilat yang menyeruak.

Akan hal ini, Kepala Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Batam, Philip Mustamu menegaskan, kondisi Batam hari ini memang berpotensi kuat untuk diguyur hujan.

“Dalam beberapa hari terakhir, memang tak ada hujan. Tapi kali ini, memang terpantau hujan dengan intensitas sedang berpotensi terjadi dipagi hingga menjelang siang hari nanti,” kata Philip Mustamu, Minggu (21/8/2016) pagi.

Dikatakannya juga, kondisi ini dapat berlangsung singkat. Namun, dapat juga berlarut alias berkepanjangan hingga malam hari nanti, melihat massa udara yang penuh uap atau massa air.

Baca Juga:  Rakernas Kemendag, Jokowi Dorong UMKM Masuk Pasar Ekspor
Hujan yang turun diperairan Kepri memuat gelombang laut sedikit meninggi dan jarak pandang yang minim | Foto : Junedy Bresly
Hujan yang turun diperairan Kepri memuat gelombang laut sedikit meninggi dan jarak pandang yang minim | Foto : Junedy Bresly

“Ya, tergantung dari massa udara dan hembusan anginnya. Jika terjadi pembelokan (Shareline) ya, bisa saja penumpukan massa udara yang penuh uap air terus membentuk awan hitam disekitar Kepri. Dan hal inilah yang akhirnya memicu potensi hujan cukup tinggi,” ucapnya.

“Untuk saat ini, memang massa udara (uap) sedang menumpuk. Jadi tak salah jika akhirnya hujan turun lebat,” imbuhnya.‎

Pantauan dilapangan, curah hujan dengan intensitas lebat masih terus terjadi dan mengguyur dibeberapa Kecamatan dan tempat, seperti Kecamatan Batam Kota yang terdiri dari beberapa kelurahan (hampir keseluruhan) hingga menuju ‎simpang tiga (Bundaran) Bandara-Punggur-Batam Centre.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan