BERBAGI
Ilustrasi game online

CENTRALBATAM.CO.ID, BINTAN –Bisa dikatakan, dihampir situs online terdapat aplikasi game yang banyak disukai oleh anak kecil, remaja hingga dewasa.

Setiap game memiliki keunikan tersendiri yang membuat para penggunanya bisa kecanduan. Dan akibat kecanduan itu membawa dampak negative pada pertumbuhan psikis anak.

Untuk itu, Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes), Bintan dr Gama meminta agar orang tua tidak cuek melihat anaknya yang sudah kecanduan game online ini.

“Kami dan para orang tua tentunya harus respect dan proaktif terhadap tingkah anak-anak kita apalagi yang suka maen game. Karena lingkungan pertama itu dari keluarga. Jadi peran orang tua sangat penting,” ungkap Kepala Dinkes Bintan dr Gama Isnaeni, Senin (4/11).

Meskipun secara fakta, belum ditemukan adanya anak-anak di Bintan yang terserang secara psikis akibat kecanduan game online. Namun dibeberapa pemberitaan baik nasional maupun internasioanl, kecanduan game bahkan bisa mengakibatkan meninggal dunia.

Mengingat hal itu, Gama menghimbau para orang tua harus waspada. Sebab, Gama menilai kemajuan teknologi saat ini diikuti hampir seluruh kalangan termasuk anak-anak. Ia menghimbau para orang tua yang membiarkan anak-anaknya memakai smartphone untuk selektif dan rutin mengontrol aktivitas sang anak ketika di jagat maya.

Selain itu, warung internet (warnet) juga sering dijadikan tempat anak-anak dan remaja main game online.

“Soalnya keterlibatan orang tua juga memiliki dampak yang signifikan bagi upaya penekananan kegemaran anak dan pelajar pada permainan game online,” pungkasnya. (Ndn)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY