BERBAGI
Penampakan awan gelap pekat disekitar Pelabuhan Domestik Telaga Punggur, Batam | Foto : Junedy Bresly

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM – Memasuki awal pekan minggu ke-2 ‎di bulan April, Batam diprediksi bakal diselimuti awan gelap seharian.

Penampakan cuaca itu terpantau, dari penyajian data di Kantor Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim, Batam, Senin (10/4/2017) pagi.

Batam berpotensi mendung seharian, bahkan diuyur hujan ringan sampai dengan sedang beberapa kali dalam hari ini. Begitulah setidaknya imbauan dari BMKG, bagi seluruh masyarakat.

“Batam sedang banyak hujan, ini terjadi karena tingginya penguapan dan penumpukan massa udara (uap air, red) di sekitar Kepri. Terkhusus, ya untuk Batam sendiri,” kata Philip Mustamu, Kepala Kantor BMKG Hang Nadim, Batam, Senin (10/4/2017) pagi.

Penumpukan massa udara ini, lanjutnya, akan memicu pembentukan awan konvektif sebagai media alias pemicu guyuran hujan di Batam.

‎”Jadi, wajar saja kalau banyak waktu akan diwarnai hujan. Karena memang intensitasnya sedang tinggi, beberapa waktu dalam minggu ini,” ujarnya.

Dalam situasi semacam ini, masih katanya, hujan biasa disertai angin kencang dan petir.

“Jadi, kita tak henti-hentinya mengimbau masyarakat Batam untuk lebih berhati-hati dalam melakukan kegiatan diluar ruangan. Yang utama, jaga kesehatan dan keselamatan,” tuturnya.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY