BERBAGI
Ketua tim Penggerak PKK Kota Batam, Marlin Agustina Rudi mengelolah ikan dingkis menjadi ikan dingkis asem pedas khas masakan Kepulauan Riau, Jumat (14/2/2020)

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM – Ketua tim Penggerak PKK Kota Batam, Marlin Agustina Rudi mengelolah ikan dingkis menjadi ikan dingkis asem pedas khas masakan Kepulauan Riau, Jumat (14/2/2020).

Kegiatan memasak bersama istri Wali Kota Batam, Muhamad Rudi ini merupakan gagasan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam untuk memperkenalkan masakan khas melayu kepada masyarakat Kota Batam.

Adapun lokasi masaknya berada di Harris Resort Barelang. Pemandangan lautan biru dan Jembatan Barelang salah satu icon Kota Batam menambah suasana yang berwarna dan berkesan.

Marlin mengatakan ikan dingkis merupakan jenis ikan yang unik. Ikan ini hanya bertelur menjelang perayaan Imlek. Ikan dingkis ini memiliki citarasa yang enak. Jadi dimasak apapun makin nikmat.

“Ikan dingkis disebut ikan Imlek bagi yang merayakan Imlek, ikan ini ikan keberuntungan. Momen Imlek di sini (Kota Batam) wajib ada ikan dingkis,” katanya.

Edisi masak kali ini, Marlin memasak ikan asam pedas khas Kepri. Bahanya ada cabai merah, terasi, bawang merah, bawang putih. Bisa ditumbuk atau diblender sampai halus. Untuk memudahkan sebaiknya dipotong terlebih dahulu. “Khas Kepri biasanya dicampur cabai kering keriting,” terangnya.

Sebelum menumis bumbunya, tumis bawang merah dan putih sehingga rasanya makin enak. Lalu tambahkan sedikit kunyit supaya warnanya kekuningan. Menumis bumbu Marlin menyarankan tidak banyak menggunakan minyak karena karakter ikan dingkis sudah mengeluarkan minyak. Disamping juga untuk menjaga kesehatan tubuh.

Untuk ikannya, walaupun tidak ada sisik ikan, Marlin menyarankan untuk membersihkan ikannya sampai bersih sehingga bau amis ikan berkurang. Lalu ikannya diberikan irisan jeruk nipis atau lemon. Bawang yang ditumis sudah kekuningan, masukkan bumbu halus sesuai dengan selera. Aduk sampai wangi lalu masukan air asam jawa dan ikannya.

“Asam jawanya dibeli di Belakangpadang bedanya dari asam jawa biasanya berwarna cokelat dan enak. Batam suka asam jawa dari Belakangpadang,” ujarnya.

Air asam jawanya tergantung selera. Gunanya untuk untuk memperkaya rasa terdiri dari rasa asam, asin manis, pedas. Biarkan sampai mendidih lalu tambahkan gula, garam, dan merica. Ikan asam pedas siap disajikan.

Selain masak ikan asam pedas, Marlin juga mengelolah sotong menjadi menu sotong masak hitam khas Kepri. Sebelumnya Marlin memberikan tips cara melepaskan tinta hitam dari sotongnya. Tinta hitam ini salah satu bahan utama disamping bahan lainnya dalam menu sotong masak hitam.

Adapun bumbunya terdiri dari bawang merah, bawang putih, kunyit, dan lada. Marlin menyarankan menambahkan sedikit jahe untuk menghilangkan bau amis dari sotong. Bumbu tersebut ditumbuk atau diblender sampai halus.

“Ada tips lagi sebelum menumis bumbu diwajan lain panaskan dulu sotongnya diwajan enggak usah pakai minyak, masaknya enggak boleh lama masaknya karena bisa alot,” terangnya.

Menumis bumbu, tambahkan sedikit minyak. Dimasak sampai wangi, lalu masukkan pasta hitam. Masukan air asam jawa supaya ada rasa manis, asin, asem dan pedas satu sendok saja lalu aduk sotong hingga merata.

“Kalau kurang hitam bisa ditambahkan tinta cuminya masukkan garam dan gula,” jelasnya. (*)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY