BERBAGI
Pemeriksaan tes urine

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM-Jelang suasana mudik lebaran, yang akan semakin meningkat diakhir bulan Juni mendatang. Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kepulauan Riau dan Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Batam, secara serentak melaksanakan test urine keseluruh petugas dan staf yang ada diseluruh pelabuhan resmi dan Bandara yang ada di Batam, Jumat (24/6/2016) pagi.

Kegiatan bersih-bersih dari Narkoba ini serentak digelar, sekitar pukul 07.00 WIB pagi tadi. Kegiatan ini digelar, dalam rangka memperingati Hari Anti Narkotika (HAN) Internasional yang akan diperingati pada 26 Juni, serta dalam rangka pengamanan jelang mudik lebaran mendatang.

Saat dikonfirmasi, Marini, Humas BNNP Kepri turut membenarkannya. Dia mengatakan, seluruh tim dari BNNP Kepri dan BNNK Batam turut ambil bagial dalam aksi kali ini.

Baca Juga:  Gandeng LinkAja, BPJAMSOTEK Beri Kemudahan Pendaftaran dan Pembayaran Iuran

“Ini kita lakukan dalam rangka peringtan HAN sekaligus pengamanan jelang lebaran, sangat penting untuk kita lakukan untuk menjaga suasana arus mudik nantinya tetap aman,” kata Marini, Humas BNNP Kepri.

Dikatakannya juga, pihaknya bersama BNNK Batam secara serentak memeriksa petugas Pelabuhan, Anak Buah Kapal (ABK), Nakhoda, dan seluruh staf yang ada. Ini dinilai harus dilakukan, guna menjaga keamanan dan keselamatan, serta untuk menjaga kualitas pelayanan jasa transportasi laut tetap aman.

“Kita serbu seluruh petugas yang ada di Pelabuan, baik Internasional maupun Domestik. Ini ada pelabuhan di Sekupang dan di Batam Centre. Kemudian kita juga lakukan test urine di Bandara Hang Nadim, termasuk Pilot-pilot yang ada juga kita cek,” katanya.

Baca Juga:  1.996 Angkutan Umum di Batam Tidak Layak Operasi, Ini Penjelasan Pebrialin

“Kita ada 50 orang personel yang turun, baik dari BNNP dan BNNK Batam,” tambahnya.‎

Diatakannya juga, seluruh petugas dalam armada transportasi Laut dan Udara ini diperiksa urine nya satu persatu untuk mengetahui, apakah sang petugas, Nakhoda, ABK, maupun Pilot pernah menggunakan Narkotika atau tidak.

Hal ini dilakukan, guna menekan dan memberantas penyalahgunaan, serta peredaran Narkotika dilingkungan petugas pelayanan jasa transportasi.

“Ya, kita lakukan ini kepada para petugas penyedia layanan dan jasa transportasi guna menjadi tameng utama dalam pemberantasan peredaran Narkotika. Karena mereka ini ada dipintu masuk menuju Batam, jadi para petugas di Pelabuhan dan Bandara ini harus lebih diperhatikan. Gunanya, agar mereka juga tidak terjerumus kedalamnya, yang hanya dapat memperburuk kondisi di Batam, maupun Kepri pada umumnya,” ungkap Kepala BNNP Kepri, sebagaimana disampaikan Humas BNNP Kepri.

Baca Juga:  Pemerintah Tiadakan Cuti Bersama Natal 2021, Inilah Perubahan Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama

Pantauan tim CentralNews Batam, satu persatu petugas yang ada dipelabuhan Sekupang, yakni Pelabuhan Domestik, Pelabuhan Internasional, hingga Pelabuhan boat pancungpun turut menjadi sasaran untuk dilakukannya test urine.

Hingga saat ini, seluruh tim BNNP dan BNNK masih melakukan pengetesan kepada seluruh petugas Pelabuhan. Belum diketahui bagaimana hasil atas test urine kali ini, akan tetapi para petugas yang diperiksa terlihat tetap ada dilokasi untuk memenuhi permintaan test urine.‎

 

Penulis : Junedy Bresly

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan