BERBAGI
Foto Sosialisasi Karthula

CENTRALBATAM.CO.ID, Tanjungpinang – Kepri, Panas terik dan angin kencang yang belakangan ini terjadi dikhawatirkan dapat menimbulkan masalah baru yakni terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) baik yang tidak disengaja atau akibat puntung rokok maupun yang dilakukan oleh pemilik lahan untuk membersihkan lahan miliknya.

Untuk mencegah terjadinya hal tersebut Kapolsek Tanjungpinang Timur AKP FIRUDDIN memerintahkan kepada Personilnya yakni Bhabinkamtibmas dan unit Patroli untuk terus menerus menyampaikan himbauan dan mengedukasi masyarakat agar bersama-sama mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Polsek Tanjungpinang Timur pada khususnya dan Kota Tanjungpinang pada umumnya seperti terlihat yang dilaksanakan Bhabinkamtibmas Polsek Tanjungpinang Timur Senin (01/02/21) pagi.

Baca Juga:  Pemko Batam Prioritaskan Infrastruktur Jalan, Proyek Tembesi dan Simpang Basecamp Terus Digesa

Disamping melaksanakan penyampaian himbauan, Personil Polsek Tanjungpinang Timur juga menyampaikan pesan pesan kepada masyarakat agar sesegera mungkin melaporkan kepada Personil Polsek Tanjungpinang Timur jika mengetahui kejadian kebakaran ataupun orang yang dengan sengaja melakukan pembakaran lahan karena dapat dihukum berdasarkan undang-undang yang berlaku

Dalam UU Kehutanan menyatakan pembakaran hutan merupakan pelanggaran hukum yang diancam dengan sanksi pidana dan denda. Pasal 78 Ayat 3 UU 41/1999 menerangkan pembakaran hutan dengan sengaja maka dikenakan pidana paling lama 15 tahun dan denda paling banyak Rp 5 miliar. Sedangkan pada Ayat 4 pasal tersebut menyatakan pelanggar karena kelalaiannya diancam pidana 15 tahun dengan denda paling banyak Rp 1,5 miliar.

Baca Juga:  Kebut Penerapan Batam Logistic Ecosystem, Rudi Tinjau Proyek Autogate Batuampar

Kegiatan sosialisasi cegah Karhutla ini dilaksanakan dalam rangka menjaga kelestarian alam dan menghindari bahaya kebakaran karena selain dapat merusak kesehatan, kebakaran juga dapat menimbulkan dampak berupa kerugian materil dan bahkan hilangnya nyawa manusia apalagi kebakaran tersebut tidak segera dikendalikan, Polsek Tanjungpinang Timur, Polres Tanjungpinang akan rutin melaksanakan sosialisasi cegah Karhutla untuk mencegah dan meminimalisir titik api di wilayah Polsek Tanjungpinang Timur dan Kota Tanjungpinang pada umumnya kata Kapolres Tanjungpinang AKBP Fernando, SH, SIK, yang disampaikan oleh Kapolsek Tanjungpinang Timur AKP Firuddin di Mako Polsek Tanjungpinang Timur, Polres Tanjungpinang.

Pada kesempatan ini Kapolsek Tanjungpinang Timur AKP Firuddin juga menyampaikan kepada Masyarakat agar jangan pernah melakukan pembakaran lahan dan hutan karena dapat dipidana dan menimbulkan kerugian yang sangat besar,” tutup Kapolsek. (Leo)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY