BERBAGI
Camat Toapaya, Riang Anggraini memberkan arahan pada peserta

CENTRALBATAM.CO.ID, BINTAN –Camat Toapaya, Riang Anggraini berharap Desa Toapaya menjadi Desa penyuplai ikan baik di Bintan dan di Kepri.

Bahkan Anggraini juga menyampaikan harapan utamanya yaitu Desa ini kedepan bisa menjadi satu-satunya Desa yang mengekspor ikan keluar Negeri.

Hal ini disampaikan oleh Anggaraini disela sela acara pelantihan budidaya ikan tawar di balai Desa Topaya, Sabtu (23/9).

“Kita berharap kedepan, Desa ini bisa mensuplai kebutuhan ikan di Bintan dan di Kepri. Bahkan kalau bisa, mereka bisa mengekspor ke Luar Negeri juga,” ujar Anggraini.

Sementara itu, Kepala Desa Toapaya melalui Sekdes Rio mengatakan, pelatihan Budidaya ikan ini sebagai upaya Desa untuk meningkatkan penghasilan masyarakat.

Ia menambahkan, rencanya budidaya ikan ini akan dijadikan masukan sebagai Badan Usaha Desa (Bumdes). Namun, sebelum sampai ketahap itu terlebih dahulu dibina melalui berbagai tahapan.

“Sesuai dengan arahan dari pusat, bahwa setiap desa harus memiliki badan usaha. Dan setelah melalui pengkajian, kita melihat potensi pengembangan ikan disini sangat besar. Karena itu, kita mencoba melakukan upaya untuk pengembangan. Dan jika bisa, kita akan mengalihkan ke Bumdes,” sebut Rio.

Untuk Desa Toapaya Sendiri ada 4 jenis ikan yang akan dibudidayakan pada pelatihan itu sesuai kondisi tanah. Pertama ikan lele, kemudian ikan Gurami. Lalu ada juga ikan Emas dan ikan Nila.

Jika keempat jenis ikan itu nantinya berhasil dikembangkan, bukan mustihal Desa Toapaya menjadi satu-satu Desa di Bintan yang menjadi pengekspor ikan tawar ke Luar Negeri. (Ndn).

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY