BERBAGI
Kapolsek Gunung Kijang AKP Monang P Silalahi didampingi menggelar ekspos pencurian kendaraan bermotor yang berlangsung di Polsek Gunung Kijang, Jumat (14/2/2020).

CENTRALBATAM.CO.ID, BINTAN  – Ingin memiliki sepeda motor sendiri, membuat Rizal Aidi (25) nekat mengambil kendaraan warga yang terparkir di teras rumah.

Dalam aksinya Rizal ditemani temannya. Setelah memantau situasi dan lokasi yang ditargetkan, kedua pelaku ini langsung mengambil motor yang terpakir di teras rumah warga itu.

Rizal yang merupakan warga Tanjungpinang ini, langsung mendorong motor sejauh 500 meter setelah berhasil mengambil dari teras rumah warga di Toapaya Asri, Bintan.

Setelah itu, salah satu pelakun menyalakan mesin sepeda motor tersebut. Kemudian setelah berhasil menyala mesinnya, motor tersebut langsung dibawa ke Tanjungpinang.

Kapolres Bintan AKPB Boy Herlambang melalui Kapolsek Gunung Kijang AKP Monang P Silalahi menjelaskan, pelaku ditangkap di Tanjungpinang pada Rabu (12/2/2020) lalu.

Pelaku diamankan oleh Unit Reskrim Polsek Gunung Kijang yang dipimpin langsung Kanit Reskrim Polsek Gunung Kijang Iptu H Ady.

“Selain pelaku, polisi juga mengamankan barang bukti satu unit sepeda motor milik korban,” kata Monang alam ekspos yang digelar di Polsek Gunung Kijang, Jumat (14/2/2020).

Monang menyebutkan aksi pelaku terjadi pada Jumat (7/2/2020) lalu. Saat itu, pelaku bersama temannya yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO), berada di Rimba Jaya Tanjungpinang sebelum melancarkan aksinya.

Setelah bertemu, kedua pelaku langsung menuju rumah warga yang menjadi target pelaku di daerah Gesek, Toapaya Asri, Bintan.

Setibanya di lokasi, pelaku langsung mengambil dan mendorong sepeda motor yang terparkir disamping rumah warga.

Sepeda motor itupun dorong menggunakan kaki yang di tuntun oleh temannya sejauh 500 meter.

“Saat itu juga salah satu pelaku yang mahir kelistrikan, mencoba menyalakan mesin sepeda motor. Setelah menyala motornya, pelaku langsung membawanya ke Tanjungpinang,” katanya.

Atas kejadian itu, korban yang merupakan warga Gesek, Toapaya Asri itu langsung melaporkan ke Polsek Gunung Kijang.

“Kita mendapat laporan dari warga, bahwa sepeda motornya hilang dari teras rumahnya, dan kita langsung melakukan penyelidikan,” terangnya.

Monang mengatakan setelah dilakukan penyelidikan uni treskrim Polsek Gunung Kijang mengetahui identitas kedua pelaku. Selanjutnya melakukan pengejaran dan berhasil mengamankan satu orang bernama Rizal Aidi.

“Namun teman pelaku, saat ini masih dilakukan pencarian dan masuk dalam DPO,” katanya.

Sementara itu, Rizal Aidi mengaku nekat melakukan aksinya karena ingin punya motor.

“Dari pengakuan pelaku, pelaku nekat curi motor lantaran ingin mempunyai motor, namun caranya salah dan mencuri motor warga di kampung Gesek, Toapaya Asri,” kata Monang.

Pelaku juga mengaku motor yang hendak di curinya ini, sudah lama di incarnya dan baru bisa beraksi pada Jumat (7/2/2020).

Dalam aksinya itu dia berhasil membawa motor Yamaha Mio Soul BP 5065WQ yang terparkir di teras rumah salah satu warga di Toapaya Asri, Bintan.

“Dari pengakuannya korban tidak dikenalnya. Namun sudah mengincar sepeda motor itu sebelum melancarkan aksinya,” tuturnya.

Monang menambahkan, atas perbuatannya, pelaku dikenakan Pasal 363 ayat (1) ke-3 KUHP.

“Atas perbuatannya, pelaku terancam hukuman penjara maksimal tujuh tahun,” tutupnya.(ndn)

 

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY