BERBAGI
Petugas penjaga pos Pass masuk pelabuhan domestik Sekupang, Batam dengan selebaran kertas berisi kenaikan harga Pass masuk penumpang | Foto : Ned

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM – Hampir seluruh calon penumpang di Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) Batam mengeluh, saat hendak berangkat, Rabu (16/11/2016) pagi tadi.

Bagaimana tidak, para calon penumpang yang hendak berangkat dengan menggunakan armada transportasi laut menuju beberapa lokasi dikejutkan dengan kenaikan harga Pass pelabuhan.

Tak main-main, dari harga awal hanya Rp 3.500, kini harganya meningkat menjadi Rp 10 ribu untuk selembar Pass masuk pelabuhan (PDS).

Kenaikan yang disebut-sebut lebih dari 100 persen, atau lebih dari 2 kali lipat ini langsung membuat beberapa penumpang kebingungan.

“Bukan tak punya uang, tapi kok langsung segitu naik harganya?” kata Marihot, salah seorang calon penumpang yang hendak bertolak dari PDS menuju Kota Dumai.

Dia menjelaskan, bahwa kenaikan harga pass masuk pelabuhan itu disebut tanpa pemberitahuan sebelumnya. Aksi menaikkan harga itu dituding dilakukan secara sepihak, tanpa mementingkan peran sosialisasi.

“Ga ada pemberitahuan, malah langsung naik,” ucapnya.

Tak hanya Marihot, Sandi, seorang calon penumpang lainnya juga menyatakan kenaikan harga pass masuk pelabuhan itu tidak diimbangi dengan baiknya pelayanan.

“Petugasnya cuek, ada pula yang cetus-cetus gitu. Masa harga pass naik, pelayanan seperti itu? Ya, harapannya, tolong diperbaiki lah. Sarana, perilaku, dan pelayanan disini. Biar penumpangnya ga ngeluh terus,” ucapnya.

Sementara, saat dikonfirmasi kepada penjaga pos penjual pass pelabuhan di PDS. Tak banyak ungkapan yang dilontarkan, hanya ungkapan singkat saja yang diucap menjawab kenaikan harga pass tersebut.

“Sudah ada aturannya, kami bisa apa? Kalau mau, silahkan diambil,” kata petugas penjaga pass pelabuhan, yang tengah berjaga itu.

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY