BERBAGI
Tragedi pasca penembakan | Foto : Jak

CENTRALBATAM.CO.ID, MUNECHEN-Sedikitnya delapan orang tewas dalam penembakan yang tejadi di Mall Olympia-Einkaufszentrum, Muenchen Jerman, Jumat (22/7/2016) pukul 17.50 waktu setempat.

Pelaku menembak membabi buta termasuk ke anak kecil yang sedang makan di restoran cepat saji, McDonald.

Polisi setempat menyatakan ada tiga orang pelaku penembakan di pusat perbelanjaan terbesar di Muenchen itu. Peristiwa itu diyakini bukan hanya aksi kriminal biasa.

“Tampak seperti serangan teror,” ujar salah seorang perwakilan polisi.

Hingga saat ini, pelaku penembakan masih belum berhasil ditangkap sehingga otoritas setempat menutup layanan transportasi umum di Muenchen. Warga juga diminta untuk menjauhi ruang publik dan tetap tinggal di dalam ruangan.

Baca Juga:  Helmy Hemilton Mantan Anggota DPRD Batam Dikeroyok, Berikut Kornologisnya
Mall Olympia Moosach, Muenchen lokasi penembakan aksi teror | Foto Reuters
Mall Olympia Moosach, Muenchen lokasi penembakan aksi teror | Foto Reuters

Lauretta saksi mata, mengaku melihat seorang pria bersenjata keluar dari McDonald yang berada di dekat area perbelanjaan itu. Pelaku  keluar dari toilet restoran cepat saji tersebut dan mulai menembaki pengunjung mebabai buta.

“Saya keluar dari toilet dan mendengar suara seperti alarm. Bum, bum, bum,” kata dia.

Pelaku bahkan menembak pengunjung McDonald yang masih anak-anak. Pelaku berada tepat di belakangnya.

“Dia membunuh anak-anak. Anak-anak yang sedang duduk untuk makan. Mereka tidak bisa lari,” ucap Lauretta.

Anak laki-laki Lauretta ternyata sempat berada di dekat sang pelaku ketika berada di toilet McDonald. Anaknya yang masih berusia 8 tahun mendengar kokangan senjata sebelum akhirnya pelaku yang mengenakan pakaian gelap keluar dan mulai menembaki pengunjung.

Baca Juga:  Seorang Wanita Ditemuakan Bersimbah Darah, Diduga Korban Perampokan
Polisi Jerman sisir TKP penembakan | Foto Reuters
Polisi Jerman sisir TKP penembakan | Foto Reuters

Polisi menemukan satu jenazah di dekat lokasi kejadian. Saat ini petugas masih mengidentifikasi apakah jenazah itu merupakan korban atau salah satu pelaku penembakan. Pelaku penembakan diketahui tiga orang yang secara membabi buta menembakkan peluru ke sejumlah orang.

Pascakejadian tersebut warga diminta untuk berada di rumah atau pun tempat tertutup lainnya selama polisi melakukan pengejaran. Akses transportasi pun ditutup agar pelaku tak bisa lari jauh dari lokasi.

Polisi mengukuhkan enam orang tewas dan beberapa orang mengalami cedera dalam peristiwa di mal Olympia itu. Para pelaku masih dalam pengejaran.

Helikopter polisi dikerahkan untuk membantu pengejaran dan pasukan khusus juga dilibatkan dalam operasi ini. Laporan tentang penembakan pertama di Jalan Hanauer muncul beberapa saat sebelum pukul 18.00 waktu setempat.

Baca Juga:  25 Pengedar Tewas Adu Tembak, Polisi Gerebek Kampung Narkoba di Favela Brasil

Kepolisian Muenchen mengatakan sejauh ini mereka belum tahu siapa para pelakunya dan menyebut peristiwa ini sebagai situasi teror akut.  Otorita setempat menyerukan kepada warga untuk menghindari tempat-tempat umum, sementara layanan transportasi umum dihentikan sementara.(cnn/bbc/reuters/epa/ap)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan