BERBAGI
iPhone 6 Plus / Foto Istemewa

CENTRALBATAM.CO.ID-Setelah beberapa lama tutup mata pada komplain konsumen tentang ‘touch disease’, atau cacat sentuh pada dua ponselnya, iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, Apple akhirnya mengumumkan program perbaikan global.

Cacat sentuh itu menyebabkan layar iPhone kerap berkedip dan menjadi tidak responsif terhadap sentuhan. Hal ini terus-menerus dikeluhkan konsumen, namun tidak ada tanggapan dari pihak Apple.

Usai lama menanti, kini Apple merilis program perbaikan global bagi iPhone 6 Plus yang mengalami problem tersebut.

Melansir Mashable, ahli perbaikan Apple menyebut, cacat sentuh pada layar iPhone itu disebabkan oleh chip pengendali layar sentuh yang letaknya longgar, alias tidak lekat dengan logic board iPhone. Saat terus-menerus digunakan, chip pengendali itu semakin longgar dan kemudian menyebabkan gangguan sentuhan.

Atas dasar itu, Apple menawarkan program perbaikan bagi iPhone 6 Plus dengan biaya sebesar US$149 atau Rp2 juta, asalkan layar tidak rusak atau pecah.

Apple menunjuk pihak pelayanan perbaikan resmi yakni Apple Stores, Apple Authorized Service Providers dan Apple Technical Support.

Hanya saja, tidak dijelaskan mengapa program perbaikan tersebut hanya terbatas pada produk iPhone 6 Plus. Padahal, iPhone 6 juga bisa jadi memliki masalah serupa, kendati cacat sentuh lebih sering terjadi pada iPhone 6 Plus.

Agustus lalu, Apple sempat dituntut oleh konsumen akibat masalah cacat sentuh tersebut. Kasus itu diajukan oleh Todd Clearly, Jun Bai dan Thomas Davidson ke Pengadilan Negeri di California, Amerika Serikat.

Mereka menyebut Apple sudah mengetahui adanya masalah pada layar sentuh iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, namun tidak menawarkan solusi. Hal itu pada akhirnya memaksa konsumen berpaling pada pihak ketiga untuk melakukan perbaikan.

Atas hal itu, di program perbaikan global tersebut, Apple juga menawarkan reimbursement atau penggantian biaya perbaikan. Mereka akan mengganti biaya perbaikan konsumen, jika perbaikan dilakukan melalui Apple Authorized Service Provider.

“Biaya penggantian sebesar selisih antara harga yang Anda bayarkan untuk layanan resmi bagi iPhone 6 Plus atau seharga US$149,” tulis laman resmi perbaikan Apple.(cnn/ctb)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY