BERBAGI
Smartphone BlackBerry dengan kecanggihan BlackBerry Messenger (BBM) yang tengah dirancang | Foto Ist

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM-Program terbaru dalam perubahan BlackBerry Messenger kembali dikebut, Meski penjualan berbagai produk unggulannya terjun bebas, namun BlackBerry masih punya layanan messaging populer di Indonesia, apalagi kalau bukan BlackBerry Messenger.

Beredar kabar, kemungkinan BlackBerry Messenger dengan tampilan terbaru akan banyak berubah dan segera dirilis kepermukaan.

Hal ini diketahui, setelah BlackBerry mengumumkan kemitraan dengan perusahaan Indonesia, PT Elang Mahkota Teknologi atau Emtek untuk mengembangkan BBM. Kabarnya, Emtek membayar USD 207,5 juta selama enam tahun untuk memiliki hak merek/paten (Brand) BBM, properti intelektual dan lisensi teknologi.

Dikutip Central Group dari Bloomberg, BBM dikatakan akan mengikuti langkah messaging lain seperti WeChat dengan menyediakan layanan video, update kabar selebriti sampai belanja online. Mereka melakukannya di Indonesia karena BBM masih tenar di sini.

Ilustrasi icon BBM Video Call | Foto Net
Ilustrasi icon BBM Video Call | Foto Net

Dari sekitar 90 juta pengguna BBM, sebanyak 60 juta di antaranya ada di Indonesia. Nantinya, BlackBerry akan mendapat fee jika ada pengguna BBM yang melihat konten yang disediakan Emtek.

Emtek akan membuka kantor anak usahanya di bidang konten digital, KMK Online di dekat markas BlackBerry di Toronto. Sekitar 80 sampai 100 karyawan BlackBerry akan diperbantukan di kantor tersebut.

BlackBerry belakangan kepayahan di pasar smartphone, bahkan ada kemungkinan mereka akan berhenti berjualan ponsel cerdas jika tak juga meraih keuntungan. Maka wajar jika mereka menggenjot pemasukan dari bisnis lain, termasuk BlackBerry Messenger.

 

Penulis: Mona

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

Tinggalkan Balasan