BERBAGI
Sekda Pemkab Pimpin rapat Bimtek

CENTRALBATAM.CO.ID, BINTAN –Dilatarbelakangi akan pentingnya fungsi dan peranan seorang Pengelola Arsip , maka Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Bintan mengadakan Bimbingan Teknis terhadap 76 orang Pengelola Arsip se Kabupaten Bintan di Hotel Hermes Agro Km.25 , Kamis pagi ( 6/4 )  .

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten  Bintan Edi Pribadi, SE , MM  dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan Bimbingan Tekhnis ini merupakan salah satu tugas dan fungsi pokok lembaga kearsipan yang meliputi fungsi layanan dan juga fungsi pembinaan.

” sebanyak 76 Pengelola Kearsipan dari seluruh OPD ( Organisasi Perangkat Daerah ) se Kabupaten Bintan kita berikan bimbingan agar lebih memahami terkait penyusunan serta pembinaan kearsipan , dimana kita juga menghadirkan seorang narasumber berkompeten dibidangnya yaitu Ibu Sri Martini dari Arsip Nasional RI ” ujarnya sembari memperkenalkan .

Menurutnya , Bimbingan Tekhnis ini juga diharapkan bisa memberikan manfaat akan arti pentingnya peranan dan fungsi seorang pengelola arsip . Dimana peranan dan fungsi seorang pengelola Arsip tidak kalah penting dengan pengelola lainnya seperti PPTK . Dirinya juga menegaskan bahwa arsip merupakan sebuah dokumen yang bisa merekam dan menjadi alat bukti otentik terutama bila suatu saat terjadi masalah hukum , maka untuk itu sebaiknya arsip harus dikelola dengan sebaik mungkin , dan bilamana perlu seorang pejabat yang mengelola arsip sebaiknya juga diberikan tunjangan , agar bisa dijadikan motivasi agar lebih serius dalam menangani kearsipan .

Baca Juga:  KPU Bintan Tetapkan "Bupati Indonesia" Sebagai Pemenang Pilkada

” kegiatan ini juga merupakan tahapan pembinaan kearsipan ke semua pengelola kearsipan se Kabupaten Bintan, dimana rangkaian kegiatan ini terus dilaksanakan secara continue oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Bintan . Kegiatan bimbingan teknis ini juga  meliputi penyusunan arsip, dengan cara pembinaan arsip, dari arsip in aktip di unit pengelola ke unit pengarsipan ” ujarnya menambahkan .

Sementara itu, Plt Sekda Kabupaten Bintan Drs Adi Prihantara, MM yang mewakili Bupati Bintan H Apri Sujadi, S.Sos saat membuka kegiatan  menyampaikan bahwa hal ini juga sebagai upaya atas komitmen Pemerintah Daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih serta untuk meningkatkan kualitas pelayanan Publik tentang tatakelola penyelenggaraan kearsipan dalam suatu sistem penyelenggaraan kearsipan nasional yang komprehensip serta terpadu.

Baca Juga:  Api Terus Berkobar, Kapal Ikan Ikut Terbakar di Kampung Bugis Tanjungpinang

” kearsipan juga menjadi salah satu sentral dalam membangun peradaban manusia, dimana kita tahu akan sejarah bangsa berdasarkan arsip yang tersimpan . Selain itu , tujuannya tentu dalam rangka membangun dan menciptakan suatu tatakelola Pemerintahan yang bersih, dengan membangun birokrasi yang baik, efisien, efektif dan produktif dengan birokrasi yang transparan dan tertib administrasi serta akuntable karena masyarakat sangat menginginkan hal itu ” ujarnya .

Dirinya juga menambahkan , bahwa unsur pendukung dalam upaya mengangkat tata kelola Pemerintahan yang baik diberbagai bidang, sangat membutuhkan sumberdaya manusia yang benar-benar mampu mengatur, menyimpan, merawat dan menyediakan informasi yang diperlukan secara tepat, cepat dan benar . Dan melalui bimbingan tekhnis  management kearsipan yang baik , tentunya juga berfungsi sebagai alat bantu bahan evaluasi sebelum mengambil keputusan .

Baca Juga:  Apresiasi Warga Cepat Tanggap Adanya Kebakaran, Ini Kata Wali Kota Tanjungpinang

” Terlebih bagi sistem pemerintah daerah yang baik ,  dalam rangka memenuhi ekspetasi kritis masyarakat terhadap penyelenggaraan pemerintah yang  tranparansi dan berakuntabilitas , maka kita semua tentu sepakat, bahwa salah satu sumber informasi penting dalam menunjang tata kelola  management adalah arsip, dimana terbukti sebagai fungsi rekaman dari seluruh aktifitas pemerintahan , selain itu arsip juga berfungsi sebagai ingatan atau alat bantu pengambil keputusan dan evaluasi sekaligus bukti eksistensi kegiatan ” tutupnya (Hms)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY