BERBAGI
Menlu RI, Retno-Marsudi menegaskan pemerintah Indonesia bersama militer Filipina berhasil membebaskan tiga WNI yang disandera kelompok Abu Sayyaf.

CENTRALBATAM.CO.ID, JAKARTA-Kementerian Luar Negeri Retno Marsudi menegaskan pemerintah Indonesia bersama militer Filipina berhasil membebaskan tiga WNI yang disandera kelompok Abu Sayyaf.

“Saya ingin menyampaikan informasi terkait pembebasan tiga sandera Warga negara Indonesia atas nama Feri Arifin, M Mahbur Dahlan dan Edi Suryono, tadi malam telah dijemput oleh tim khusus dan telah dibebaskan pada pukul 23.35 waktu setempat,” kata Retno di Kantor Panglima TNI, Jalan Merdeka Barat Nomor 2 Jakarta Pusat, Minggu (2/10/2016).

Reto melanjutkan, 3 WNI ini sekarang berada di Sulu dan sedang dilakukan pemeriksaan kesehatan sebelum dipulangkan ke Indonesia.

“Sebelum bertemu dengan teman-teman media kita sudah melakukan pengecekan di lapangan. Ketiga sandera tersebut saat ini sedang berada di Sulu untuk melakukan pemeriksaan kesehatan,” beber Retno.

Proses selanjutnya, sambung Retno, ketiga warga negara Indonesia tersebut akan dibawa ke Samboanga untuk diterima secara resmi kepada pemerintah Indonesia, dalam hal ini akan diwakili kedutaan besar Republik Indonesia di Manila.

3 WNI Berhasil Dibebaskan Drai Abu Sayyaf
3 WNI Berhasil Dibebaskan Drai Abu Sayyaf

“Mengenai masalah kepulangan akan kami sampaikan setelah proses yang harus dilakukan di Samboanga telah selesai,” jelasnya.

Lebih jauh dia menegaskan pihaknya sudah memberitahu keluarga 3 WNI tersebut dan sedang membahas kepulangan.

“Keluarga ketiga sandera tersebut telah dihubungi oleh Kementerian Luar Negeri untuk menyampaikan masalah pembebasan tersebut,” ungkapnya.

“Sementara itu masih ada dua sandera yang masih ada di lapangan yaitu atas nama Robin Peter dan M Nasir. Dalam hal ini pemerintah Indonesia masih berupaya sekuat tenaga untuk membebaskan kedua saudara kita tersebut,” pungkasnya.

Terpisah, Penasihat Kepresidenan Filipina bidang Perdamaian, Jesus Dureza para sandera akan diserahkan oleh pemimpin Moro National Liberation Front (MNLF) Nur Misuari kepada Gubernur Sulu Totoh Tan.

“Pimpinan Misuari secara khusus sudah menghubungi saya dan menginformasikan perkembangan terbaru soal pembebasan sandera yang ditawan kelompok Abu Sayyaf. Saya langsung berkoordinasi dengan Jenderal De La Vega dari tim satgas di Sulu untuk proses penyerahan,” ujar Dureza seperti dikutip media Filipina, Inquirer.

“Dalam komunikasi yang sama, Gubernur Tan juga mengonfirmasi bahwa ketiga sandera akan diserahkan langsung kepada Jenderal De La Vega,” dia menambahkan.

Ketiga WNI yang berhasil dibebaskan itu masing-masing Edi Suryono, Ferry Arifin, dan Muhamad Mabrur Dahri.(mdk/knt)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY