BERBAGI
Wali Kota Batam, Muhammad Rudi/ foto Humas Pemko Batam

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM-Pemerintah Kota (Pemko) Batam, rencana akan melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Agung di Tanjung Uncang, Kecamatan Batu Aji pada 23 April 2017.

“Rencananya 23 April kita lakukan peletakan batu pertama. Kita undang masyarakat untuk hadir di peletakan batu pertama Masjid Agung Batam ini,” kata Walikota Batam, Muhammad Rudi beberapa waktu lalu.

Peletakan batu pertama nantinya sekaligus acara syukuran dengan mengundang hingga 20 ribu jemaah. Dan Sekretaris Daerah Kota Batam ditunjuk langsung sebagai ketua panitia yang bertanggungjawab pada acara ini.

Rudi mengatakan Masjid Agung Batam ini akan dibangun dalam tahun jamak, 2017-2019. Tahun ini Pemko Batam anggarkan Rp 26 miliar untuk lelang konstruksi dan meratakan lahan.

“Masjid Agung ini dibangun di lahan seluas 4,2 hektare. Nuansanya dibuat campuran Arab, Turki, Melayu,” ujarnya.

Masjid ini akan memiliki kapasitas atau daya tampung mencapai 5.000 jemaah di dalam ruangan dan 5.000 di luar ruangan (outdoor). Menurut Rudi bagian outdoor masjid ini bisa digunakan untuk kegiatan seperti pesta atau acara lainnya. Sehingga kalaupun ada acara, tidak akan mengotori bagian dalam masjid.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam, Zulkifli Aka berpesan agar dalam pembangunan benar-benar memperhatikan ketentuan syariat. Mulai dari arah kiblat sampai kebersihan tempat wudhu dan toilet.(ctb/mcb)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY