BERBAGI
alah satu tahanan rutan pekanbaru diamankan kembali petugas

CENTRALBATAM.CO.ID, PEKANBARU-Satu per satu tahanan Rutan Kelas IIB Pekanbaru di Jl Sialang Bungkuk, Tenayan Raya, Pekanbaru, yang kabur, berhasil ditangkap. Hingga malam ini ada 161 orang tahanan yang ditangkap.

“Sudah ada 161 tahanan yang kabur berhasil diamankan kembali,” kata Kabid Humas Polda Riau, Kombes Guntur Aryo Tejo kepada detikcom, di Rutan Kelas II B, Pekanbaru, Jumat (5/5/2017).

Guntur menegaskan tim masih bekerja memburu para tahanan dan napi yang kabur sebelum salat Jumat siang tadi.

“Tim di lapangan masih terus melakukan pengejaran terhadap tahanan yang kabur,” kata Guntur.

Tahanan/napi Rutan Pekanbaru kabur beramai-ramai sebelum salat Jumat siang tadi. Aksi ini disebut spontanitas namun diduga ada yang melatarbelakanginya. Rutan Pekanbaru berkapasitas 561 orang namun dihuni oleh 1.870 orang.

Baca Juga:  AKP Monang; Lindungi Diri Dari Covid-19 Dengan Vaksin Dari Pemerintah

“Isi dari pada rutan Pekanbaru terdiri dari kasus korupsi 76 orang, kasus narkoba 421 orang, illegal logging 14 orang dan pidana umum 1.359 orang, totalnya 1.870 orang,” papar Direktur Jenderal Pemasyarakatan (PAS) Kemenkumham I Wayan Kusmiantha Dusak.

Saat ini pihak rutan dibantu personel polisi dan TNI masih melakukan pengamanan di rutan. Sebab situasi di Rutan Pekanbaru belum kondusif karena tahanan dan napi belum masuk ke dalam sel.

Jumlah petugas di Rutan Pekanbaru memang tak sebanding dengan total tahanan dan napi. Di rutan ini hanya ada 54 orang petugas yang 4 orang di antaranya pejabat struktural.(dtk/ctb)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY