BERBAGI
Panitia PPDB SMKI 1 Batam saat memeriksa berkas dari calon siswa dalam proses pendaftaran

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM – Fenomena banyaknya orang tua yang mengurus surat pindah rayon atau menyekolahkan anaknya keluar Batam bisa diakibatkan oleh beberapa faktor. Diantaranya, biaya sekolah yang mahal ditengah perekonomian di Batam yang semakin sulit. Selain itu rayonisasi juga bisa menjadi sebuah perasoalan.

“Rayonosasi berarti inikan soal pilihan. Kita belum tahu bagaimana prakteknya dilapangan. Apabila alasannya memang murni karena rayonisasi itukan merupakan hak dari setiap orang tua,” kata Anggota Komisi II, DPRD Kota Batam, Uba Ingan Sigalingging, Senin (4/6/2018).

Uba melanjutkan kalau masyarakat memilih rayonisasi dikarenakan persoalan sulitnya ekonomi, pemerintah harus mulai melakukan langkah-langkah bijak dari sekarang. Jangan nantinya pas disaat penerimaan baru heboh.

“Faktanya di Batam biaya sekolah lebih mahal kan,” tuturnya.

Padahal disatu sisi, memindahkan anaknya sekolah keluar Batam juga memerlukan biaya transportasi dan sebagainya. Namun di Batam juga dihadapkan biaya sekolah yang terlalu mahal.

“Keterbatasan daya tampung sekolah negeri juga selalu menjadi perdebatan dari tahun ke tahun. Saya minta ini kembali kepada pemerintah merumuskan kembali Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) ini agar tidak mempersulit warga,” tegasnya.

Ia menambahkan setiap tahunnya persoalan PPDB ini selalu bermasalah. Tidak teratasi dengan baik oleh Dinas Pendidikan.(*)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY