CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM – Usai dilakukannya sidak, oleh Kepala Ombudsman Perwakilan Kepri, H. Yusron Roni, beserta jajarannya ke Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disduk Capil) Kota Batam, Rabu (21/9/2016) lalu.
Suatu hal yang membuat kesal akhirnya terkuak.
Selama menjalankan fungsi pelayanan, dalam mencatatkan dokumen kemasyarakatan. Ternyata Disduk Capil Batam tidak mempunyai Genset atau mesin penghasil daya listrik darurat.
Hal ini tentu sangat disayangkan, mengingat Kota Batam sangat rawan kekurangan daya listrik yang mengakibatkan sering dilakukannya pemadaman bergilir dalam tempo waktu yang cukup panjang.
Tidak adanya Genset di Kantor Disduk Capil Batam, turut diakui oleh Sekretaris Disduk Capil Batam, Taufik. Dia mengatakan, selama menjalankan fungsi pelayanan. Tidak adanya Genset yang tersedia dalam membantu kinerja petugas, saat listrik padam.
“Memang kita belum ada Genset sampai sekarang ini,” kata Taufik kepada wartawan, Rabu (21/9/2016) siang lalu.
Hal ini tentu membuat berang, mengingat pelayanan akan terhenti jika listrik padam. Akan hal itu, Taufik menegaskan bahwa pihaknya sudah sangat berupaya.
“Kita sudah pernah minta pengadaannya dalam rapat anggaran pembelanjaan, tapi permintaan itu tak pernah disetujui. Makanya sampai sekarang ga ada genset, ya kalau listrik padam terpaksa berhenti semua,” ucapnya.
Dia mengaku, bahwa kantor pelayanan tersebut membutuhkan genset dengan daya sedang hingga besar. Ini disebutnya, mengingat cukup banyak kegiatan yang dilakukan dengan bantuan daya listrik dalam mengoperasikan alat.
“Itulah nyatanya. Kita butuh, tapi tak kunjung disetujui,” sindirnya
Meski demikian, pihaknya tetap melakukan upaya. Agar pengadaan genset itu segera dapat terwujud.
“Untuk memaksimalkan pelayanan, ya kita harap dapat seseger mungkin diperhatikan,” harapnya.
