BERBAGI

CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM-Pelari asal Afrika Selatan (Afsel), Wayde van Niekerk berhasil menyabet medali emas dinomor lari putera dengan jarak tempuh 400 meter paa Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro.

Kebolehan Atlet asal Afrika Selatan jelas memukau dunia, sekaligus memecahkan rekor dunia berumur 17 tahun di nomor tersebut.

Van Niekerk mencatat waktu 43,03 detik saat berpacu di lane delapan perlombaan pada hari Senin (15/8/2016).

Hal tersebut merupakan rekor baru dunia nomor 400 meter, melampaui catatan waktu Michael Johnson (43,18) dari AS pada tahun 1999 silam.

“Saya memang percaya bisa membuat rekor dunia. Saya sudah memimpikan medali ini sejak lama sekali. Saya benar-benar dapat karunia,” ucap Van Niekerk, sebagaimana dilansir Reuters.

Catatan waktu atlet berusia 24 tahun tersebut mengungguli Kirani James dari Grenada (43,76 detik) dan LaShawn Merritt dari AS (43,85 detik) yang secara berurutan meraih perak dan perunggu.

“Saya gembira sudah menjadi bagian dari sesuatu yang tercatat dalam sejarah. Kami sudah menempatkan olahraga ini ke puncak perhatian,” ucap James yang gagal mempertahankan emas yang diraihnya empat tahun lalu.

“Itu sebuah balapan gila, momen luar biasa dalam sejarah. Rekor dunia terpatahkan, pelari terbaik menang,” timpal Merritt, peraih medali emas 400 meter Olimpiade 2008.

Johnson, salah satu atlet lari tersohor dalam sejarah olahraga itu, menyaksikan langsung momen pemecahan rekor dari Van Niekerk. Ia pun memberikan sanjungan.

“Ya Tuhan! Ada rekor dunia dari lane delapan. Ia melakukannya dengan cepat sekali. Saya belum pernah melihat (lari) dari 200 (meter) ke 400 (meter) secepat itu,” tuturnya di BBC. 

Van Niekerk juga dicatat Reuters sudah menjadi sprinter pertama tahun ini yang berlari 100 meter di bawah 10 detik, 200 meter di bawah 20 detik, dan 400 meter dalam waktu kurang dari 44 detik, sebelum akhirnya memilih fokus pada nomor terjauh di Rio.‎

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY