Pada dasarnya telah dikatakan bahwasanya Kurikulum merupakan suatu rencana dan pengaturan yang menjadi acuan untuk tercapainya suatu tujuan dari pendidikan. Tujuan pendidikan yang dimaksud adalah untuk mencetak generasi muda yang berkompeten dan berkualitas menuju Indonesia Maju 2045.Yang mana telah kita ketahui kurikulum pendidikan yang ada di Indonesia telah mengalami pergantian sebanyak 9 kali, yang mana dimulai dari 1947, 1952, 1964, 1968, 1975, 1984, 1994, 2004, hingga 2006. Untuk saat ini Sistem Pendidikan di Indonesia menggunakan Kurikulum 2013. Kurikulum ini merupakan kurikulum tetap diterapkan oleh pemerintah untuk menggantikan Kurikulum-2006 (yang sering disebut sebagai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) yang telah berlaku selama kurang lebih 6 tahun. Kurikulum 2013 masuk dalam masa percobaanya pada tahun 2013 dengan menjadikan beberapa sekolah menjadi sekolah rintisan.
Tuntutan pebelajaran kurikulum 2013 menghendaki suatu proses pendidikan yang memberikan kesempatan bagi siswa agar dapat mengembangkan segala potensi yang dimilikinya. Potensi yang terkait dengan aspek sikap (afektif), pengetahuan (kognitif), dan keterampilan (psikomotor).
Aspek-aspek tersebut dikembangkan agar dapat bermakna dalam kehidupannya dalam bermasyarakat, berbangsa, demi kesejahteraan kehidupan umat manusia. Pebelajaran kurikulum 2013 menghendaki pembelajaran yang mengarah pada pemberdayaan semua potensi peserta didik agar menjadi manusia yang kompetensi dalam kehidupan.
Oleh sebab itu, strategi pembelajaran yang digunakan dapat memberikan pengalaman belajar yang dapat mengembangkan potensi peserta didik. Guru berposisi sebagai pembimbing memfasilitasi kegiatan peserta didik agar tercapainya kompetensi yang telah dirancang dalam dokumen kurikulum, yaitu peserta didik mampu menjadi pebelajar yang mandiri sepanjang hayatnya. Peserta didik menjadi komponen penting dalam rangka mewujudkan sebuah masyarakat belajar.
Tuntutan kurikulum 2013 menghendaki kualitas pembelajaran yang dapat menjadikan sikap siswa kreatif, mandiri, kerja sama, solidaritas, kepemimpinan, empati, toleransi dan kecakapan hidup guna membentuk watak serta meningkatkan peradaban dan martabat bangsa.
Dengan demikian, tuntutan kurikulum 2013 apabila terlaksana mampu menjadikan generasi penerus bangsa menjadi genarasi yang berkompeten dan berkualitas tentunya. Sekarang, tinggal bagaimana caranya agar tuntutan yang ditawarkan pada kurikulum 2013 mampu terealisasi tanpa harus menjadikan beban pada peserta didik yang dikhawatirkan akan berdampak pada psikologi mereka. Psikologi adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari tentang perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah.
Tidak dapat dipungkiri bahwasanya peserta didik Indonesia cenderung enggan untuk memulai mencoba sesuatu hal yang baru, seperti halnya dalam benak mereka ada kekhawatiran takut salah dan jika salah akan ditertawakan. Itu merupakan mindset yang salah, selalu timbul dalam pemikiran para peserta didik Indonesia. Selain itu, Hasil Trends in international Mathematics and Science (TIMSS) menunjukkan, secara umum siswa Indonesia lemah dari semua aspek.
Menunjukkan yang dikuasai siswa Indonesia adalah soal-soal bersifat rutin, komputasi sederhana, serta pengukur pengetakan akan fakta yang berkonteks keseharian.
Ditambah lagi dengan tuntutan Kurikulum 2013 yang menghendaki pembelajaran yang kreatif, mandiri, kerja sama, solidaritas, kepemimpinan, empati, toleransi dan kecakapan hidup.
Tentu saja hal tersebut malah membuat mental mereka down yang mana telah dikatakan sebelumnya bahwa mereka takut untuk mencoba sesuatu hal yang baru. Mungkin sebagian dari peserta didik Indonesia yang memiliki Mindset seperti itu. Hal tersebut dapat di minimalisir dengan mengadakan suatu pendekatan terhadap guru dan peserta didik untuk menyampaikan keluh kesah yang dirasakan selama ini dan guru akan memberikan suatu motivasi agar mindset buruk tersebut tidak terus bermukim di dalam pikiran peserta didik.
Dan diharapkan juga pada guru agar terus memantau perkembangan peserta didik yang masih takut untuk mencoba dengan cara memberikan mereka kesempatan dan merangkul untuk mengeluarkan pendapat ataupun argumentasinya saat pembelajaran berlangsung.
Hal ini dilakukan agar tidak adanya beban psikologi yang timbul pada peserta didik yang masih takut untuk mulai mencoba jika guru hanya respect pada peserta didik yang selalu mengeluarkan pendapat mereka. Seperti halnya, pada Kurikulum 2013 lebih mengedepankan peserta didik yang berfikir dan memperluas wawasannya secara mandiri dan berkelompok sedangkan guru akan meluruskan jikalau ada pertanyaan ataupun jawaban yang timbul diluar konsep materi yang diberikan. Untuk sebagian peserta didik mungkin hal itu sudah mereka latih sedari kecil, namun untuk sebagian peserta didik lainnya yang masih menganggap sistem seperti itu asing.
Hal itu menjadikan mereka tidak percaya diri terhadap potensi yang sebenarnya mereka miliki namun tidak mereka latih sedari kecil. Sama seperti kasus sebelumnya, yang nantinya akan berdampak pada pskologi peserta didik yang menganggap diriya selalu tertinggal. Namun, pada dasarnya jika terdapat motivasi dan dorongan dari lingkungan sekitar hal itu justru akan membuat mereka lebih semangat dalam menjalani pendidikan dengan menanamkan tekad yang bulat bahwa saya bisa seperti mereka yang mampu bersaing dengan kemampuan yang saya miliki. Dan terus menorehkan tinta prestasi selama malaksanakan pendidikan.
Sumber:
Kamil Achmad. 2014. Pentingnya Kurikulum Terhadap Proses Pendidikan. https://www.kompasiana.com/achmadkamil/55301fbd6ea834692f8b4591/pentingnya-kurikulum-terhadap-proses-pendidikan. 24 November 2020
Wikipedia.org. Psikologi. https://id.wikipedia.org/wiki/Psikologi#cite_note-1. 24 November 2020
https://www.jpnn.com/news/inilah-kelemahan-utama-siswa-indonesia
Budiyono. 2014. Tuntutan Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. https://kurikulm.blogspot.com/2014/04/tuntutan-pembelajaran-kurikulum-2013.html?m=1#:~:text=Tuntutan%20kurikulum%202013%20menghendaki%20kualitas,meningkatkan%20peradaban%20dan%20martabat%20bangsa. 30 November 2020.
