CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM-PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk mengajak sekitar 25.250 pelajar dari setiap jenjang pendidikan untuk mengenal lebih dekat kondisi perbankan di Indonesia dengan melihat kantor-kantor cabang operasional BNI dari Sabang sampai Merauke, mulai dari pelajar Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA), Rabu (2/5/2018).
Undangan ini disampaikan secara serentak oleh BNI kepada para pelajar dan guru-guru pendampingnya untuk mengunjungi outlet-outlet BNI di seluruh penjuru Indonesia, dari Sabang sampai Merauke.
Rangkaian acara ini diselenggarakan BNI untuk berpartisipasi dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pada 2 Mei 2018 sekaligus sebagai perwujudan Tema Peringatan Hardiknas yaitu Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan.
Sementara di Batam, lebih dari 50 pelajar dan guru SMA Kartini diundang khusus dalam puncak acara kunjungan atau Field Trip yang berlangsung di Kantor BNI cabang Batam di Kampung Utama, Kelurahan Kampung Seraya Kecamatan Lubukbaja.
Sebelum melihat langsung program dari BNI, para pelajar diperkenalkan dengan program yang ada di bank tersebut. Bahkan pelajar diajarkan cara menghitung cepat lebaran uang dengan jari.
Pemimpin BNI Cabang Batam Adi Trainiarto Nugroho, mengatakan dalam memperingati Hardiknas, SMA Kartini diundang khusus dalam puncak acara kunjungan atau Field Trip. Kegiatan field trip ini bertemakan Banking Service Excellence.
Tujuan aktivitas ini adalah memperkenalkan penerapan service excellence atau pelayanan prima di BNI dan perbankan Indonesia pada umumnya. Dengan mengundang para pelajar tersebut, BNI mengharapkan akan dapat menanamkan budaya melayani sejak dini kepada generasi muda.
“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kontribusi BNI terhadap seluruh masyarakat Indonesia dalam upaya meningkatkan kualitas manusia Indonesia melalui sektor pendidikan, sekaligus mewujudkan tanggung jawab BNI sebagai agen pembangunan, “ ungkap Adi Trainiarto Nugroho.
Field Trip ini juga sekaligus mendekatkan layanan perbankan kepada pelajar, sehingga dapat menjadi bagian dari upaya mempercepat literasi keuangan yang terus digelorakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Untuk pengembangan literasi keuangan ini, para pelajar yang mengunjungi ke 800 outlet BNI akan berkesempatan berinteraksi dengan garda terdepan layanan perbankan, mulai dari customer wervice, teller, petugas satuan pengamanan, hingga penggunaan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM).
Adi Trainiarto Nugroho menyampaikan bahwa BNI serius dalam mempertahankan layanan-layanan yang unggul dalam kerangka memuaskan nasabah dan masyarakat lain pengguna jasa perbankan di Indonesia, bahkan keluar negeri.
“Salah satu upaya mempertahankan pelayanan unggul agar dapat meluas secara nasional ke seluruh cabang BNI di seluruh Indonesia adalah dengan menggelar ajang Competition, Awarding, dan Recognition dalam bentuk BNI Service & Sales Excellence Award (SSEA) Tingkat Nasional yang digelar setiap tahun. Pada tahun ini, SSEA akan digelar pada 11-12 Mei 2018,” ujarnya.
Menurutnya, sebelum ini, BNI tercatat sebagai bank yang mendapatkan berbagai apresiasi dalam hal pelayanan, yaitu pertama, Siamond Award yang merupakn Kategori Tertinggi Regular Banking – Service Quality Award 2017 by Center for Satisfaction & Loyalty (CCSL) – Agustus 2017.
Kedua, Peringkat kedua – Silver Champion pada kategori Bank Buku IV – Wow Service Excellence Award 2017 – Desember 2017 dari MarkPlus Inc. Ketiga, Peringkat 1 (Bank BUMN) dalam hal satisfaction, loyalty dan Engagement Survey – April 2018 dari Marketing Research Indonesia (MRI).(*)