CENTRALBATAM.CO.ID, BATAM – Pemerintah Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, resmi menghadirkan aplikasi digital bernama “Halo Bupati Karimun”. Platform ini dibuat khusus sebagai wadah masyarakat untuk menyampaikan kritik, saran, maupun masukan terkait layanan publik yang ada di lingkungan Pemkab Karimun.
Peluncuran aplikasi ini disebut sebagai langkah nyata pemerintah daerah dalam memperkuat keterbukaan, transparansi, serta menciptakan komunikasi dua arah yang lebih efektif antara pemerintah dan warga.
“Alhamdulillah, pekan lalu aplikasi ini resmi diluncurkan. Harapannya, masyarakat bisa menjadikannya sebagai sarana utama dalam menyampaikan aspirasi terkait pelayanan publik. Semakin banyak yang menggunakan, semakin kuat pula komitmen kita dalam membangun pemerintahan yang terbuka dan responsif,” ujar Wakil Bupati Karimun, Rocky Marciano Bawole, Senin (28/7/2025).
Rocky menegaskan, aplikasi Halo Bupati Karimun merupakan wujud kepedulian Pemkab terhadap kebutuhan dan suara masyarakat. Ia mengingatkan, laporan yang masuk hendaknya menyangkut kepentingan bersama, bukan sekadar urusan pribadi.
“Aplikasi ini kita harapkan menjadi ruang komunikasi yang sehat dan konstruktif. Apa pun persoalan di lapangan, jika disampaikan melalui aplikasi ini, pasti akan segera kami tindak lanjuti,” tambahnya.
Proses tindak lanjut laporan dilakukan secara terstruktur. Setiap pesan yang diterima akan disaring terlebih dahulu oleh operator, kemudian diteruskan kepada dinas atau instansi yang berwenang agar segera ditindaklanjuti.
Saat ini, aplikasi Halo Bupati Karimun sudah dapat diunduh dan digunakan oleh seluruh masyarakat Karimun. Melalui fitur yang disediakan, warga bisa menyampaikan laporan secara langsung, yang kemudian akan diproses dan diteruskan ke pihak terkait.
Inovasi ini menjadi bagian dari transformasi Pemkab Karimun dalam membangun tata kelola pemerintahan berbasis digital yang partisipatif, inklusif, sekaligus akuntabel.(yen)

