Batam, 28 Juli 2025 – SMP Negeri 20 Batam telah sukses menjalankan sebuah terobosan mutakhir yang diberi nama KRISTAL 20, singkatan dari Kreasi Visual Generasi Digital SMPN 20 Batam. Inovasi ini hadir sebagai respons proaktif terhadap tantangan era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0, khususnya dalam membekali peserta didik dengan keterampilan abad ke-21 serta mengatasi isu cyberbullying yang marak di kalangan remaja pengguna media sosial.
Inovasi KRISTAL 20 memiliki visi besar untuk menciptakan generasi muda yang tidak hanya melek teknologi dan cakap secara digital, tetapi juga memiliki kepekaan empati yang tinggi dan mampu menjadi kreator aktif yang bertanggung jawab. Visi ini juga bertujuan menyiapkan peserta didik untuk menghadapi peluang karir di industri kreatif digital yang terus berkembang pesat di Kota Batam.
Kepala Sekolah SMPN 20 Batam, Tengku Fetti Aryani, S.Pd., menyampaikan, Inovasi KRISTAL 20 adalah langkah awal yang krusial. “Kami melihat minat luar biasa dari anak-anak terhadap konten visual dan digital. Melalui kreasi komik digital dengan Canva, kami tidak hanya melatih kemampuan teknis mereka, tetapi juga mendorong mereka untuk menyampaikan pesan-pesan positif, termasuk tentang empati dan pencegahan cyberbullying,” jelasnya.
Kegiatan inovasi ini berfokus pada proyek peserta didik secara aktif diajak untuk membuat komik digital dan animasi pendek stop motion. Mereka menggunakan aplikasi kreasi visual digital yang user-friendly seperti Canva atau aplikasi digital lainnya. Tema-tema yang diusung dalam setiap kreasi visual difokuskan pada Solidaritas Generasi Muda, Cintai Negara Indonesia, Remaja Peduli Lingkungan, dan lain-lain. Proses ini melibatkan brainstorming, perumusan ide cerita, desain karakter, hingga penyusunan narasi visual secara kolaboratif. Salah satu peserta didik, Andita Khairunnisa, berbagi pengalamannya. “Seru sekali bisa bikin komik sendiri pakai HP. Awalnya kira susah, tapi ternyata Canva gampang banget dipakai. Saya jadi bisa cerita pakai gambar dan tulisan, terus bisa belajar juga dari komik teman-teman,” ujarnya dengan senyum.
Manfaat KRISTAL 20 yang dirasakan peserta didik ketika melakukan kreasi visual, yaitu kreator aktif konten digital dan meningkatkan kemampuan mereka dalam mengolah dan menginterpretasi informasi visual secara kritis. Peserta didik juga memiliki sikap empati dan kesadaran dampak negatif, diharapkan kasus cyberbullying di lingkungan sekolah. Melalui KRISTAL 20, peserta didik memiliki keterampilan dasar yang relevan dengan industri kreatif dan ekonomi digital Batam.
Dampak dari inovasi KRISTAL 20 diharapkan tidak hanya terbatas di lingkungan sekolah, tetapi juga lebih luas. Secara internal, inovasi ini akan menciptakan iklim belajar yang lebih positif dan inklusif, di mana siswa merasa aman untuk berekspresi dan berkolaborasi. Secara eksternal, KRISTAL 20 diharapkan dapat mencetak generasi muda yang kritis, kreatif, dan berkarakter, siap menjadi agen perubahan positif di masyarakat digital, serta menjadi kontributor bagi kemajuan ekosistem digital dan industri kreatif di Batam.
Sejak diluncurkan, respon peserta didik sangat positif. Survei awal menunjukkan lebih dari 96% siswa menyukai proyek kreasi visual digital, menegaskan bahwa inovasi ini selaras dengan minat alami Generasi Z. Dalam sesi-sesi awal, terlihat antusiasme tinggi siswa dalam menggunakan smartphone mereka untuk mendesain komik dan animasi. Banyak siswa telah berhasil menghasilkan karya-karya yang penuh ide dan pesan, menunjukkan bahwa mereka mampu mengaplikasikan tools digital untuk tujuan edukatif dan kreatif.
SMPN 20 Batam berharap inovasi KRISTAL 20 akan terus berkembang dan menjadi model pembelajaran yang berkelanjutan. Target selanjutnya adalah mengintegrasikan program ini secara lebih mendalam ke dalam berbagai mata pelajaran.
Dengan demikian, SMPN 20 Batam berkomitmen untuk terus mencetak individu-individ yang berdaya saing global, berkarakter mulia, dan siap berkontribusi dalam membangun masa depan Indonesia yang lebih baik.
