BERBAGI
Gubernur Kepri Bersama Plt Bupati Bintan menebar sejumlah Bibit ikan/ central 1280 x 853

CENTRALBATAM.CO.ID, BINTAN –Pemerintah Kabupaten Bintan terus berupaya untuk memulihkan ekonomi akibat hantaman pandemic Covid-19 yang berdampak pada sektor pariwisata. Salah satunya dengan mendorong budidaya perikanan yang saat ini masih dinilai masih sangat menjanjikan.

Dorongan terhadap budidaya perikanan ini disampaikan langsung oleh orang nomor satu di Bintan yaitu, Robby Kurniawan Ansar Ahmad.

“Peluang peningkatan ekonomi dari sektor perikanan di Kabupaten Bintan saat ini masih sangat menjanjikan. Dengan potensi yang besar, Pemerintah Kabupaten Bintan tentunya mendorong agar sektor ini bisa dimanfaatkan dengan maksimal,” ujar Robby Kurniawan, Jumat (12/11).

Plt Bupati Bintan menangkap hasil budiya salah satu kelompok nelayan di Bintan/ central 457×450

Hal ini disampaikan oleh Robby, usai mendampingi Gubernur Provinsi Kepri, Ansar Ahmad saat panen dan tebar benih ikan Ikan Bawal Bintang bersama Dirjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan di Desa Pangkil Kabupaten Bintan.

Baca Juga:  Bhakti Sosial Vihara Dharma Shanti Sentuh Semua Lapisan, Roby Sebut Ini Cermin Kebhinekaan

Ia menjelaskan, meskipun kewenangan Daerah dalam pengelolaan sektor perikanan sudah mulai dibatasi karena lebih banyak berada di Pemerintah Provinsi, namun menurutnya daerah tentunya harus mampu mensiasati dan memaksimalkan peluang yang ada. Salah satu langkah yang dilakukan dalam memaksimalkan peluang ini adalah dengan mendorong peningkatan budidaya perikanan

“Kita tentunya mendorong pembudidaya untuk mengembangkan berbagai komoditas ikan laut, salah satunya adalah Bawal Bintang. Ikan ini dikenal dengan merek dagang silver pompano yang telah berkembang di Tanah Air,” katanya.

Tentu meskipun pemerintah daerah memiliki kewenangan terbatas namun kita mendorong agar pemerintah provinsi bersama-sama untuk membentuk tim bersama Dirjen Perikanan Budidaya guna membahas bagaimana pengelolaan perikanan di Provinsi Kepri kedepannya,” tambahnya.

Baca Juga:  Batam Serahkan Bantuan Rp 500 Juta untuk Korban Semeru,Diserahkan Langsung ke Sekda Lumajang

Selain itu, Roby juga menjelaskan terkait teknologi budidaya Bawal Bintang saat ini sudah dikuasai dengan tingkat produksi yang cukup tinggi. Peluang pasar ikan Bawal Bintang juga dirasa cukup besar baik di pasar lokal maupun ekspor. Oleh karena itu, ia menilai upaya pengembangan usaha budidaya Bawal Bintang masih terbuka untuk dikembangkan dalam berbagai skala usaha. (Ndn)

BAGIKAN

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY